Spot Hunting Tanaman Hias Penyejuk Mata Di Mojosari ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Spot Hunting Tanaman Hias Penyejuk Mata Di Mojosari

-

Baca Juga

Deretan kios penjual tanaman hias di Mojosari (Foto : Krisna/jurnalMojo)
Deretan kios penjual tanaman hias di Mojosari (Foto : Krisna/jurnalMojo)
MOJOKERTO (jurnalMojo.id) — Jl. Kartini Seduri, Kec. Mojosari, Kabupaten Mojokerto terdapat deretan kios penjual tanaman hias. Lokasinya didekat pasar jeruk Mojosari, deretan bunga-bunga tersebut sangat menyejukkan mata yang memandangnya.

Berbagai macam bunga dan tanaman hias didisplay persis di pinggir jalan dan gang menuju pasar buah. Hal ini yang menarik perhatian pengguna jalan yang secara tidak sadar ketika melewati daerah itu fokusnya ke bunga-bunga.

Deretan kios penjual bunga itu menjual berbagai tanaman sekaligus media tanamnya, kini sedikitnya ada 10 kios yang masih aktif menjual berbagai jenis bunga dan tanaman hias.

Salah satu pemilik kios bunga, Wahyu Iskandar, mengatakan, dirinya sudah lebih dari 10 tahun berjualan tanaman hias di Jalan Kartini ini. Dia dan istrinya memiliki 2 kios sejajar dan masih berjualam hingga saat ini. "Kios ini saya kelola bersama istri. Sudah lama saya jualan disini sekitar lebih dari 10 tahunan,’’ ujar Wahyu, Rabu (27/3/2024).

Dikatakannya, deretan kios penjual bunga ini kerap menjadi jujukan orang mencari bunga, tanaman hias, sampai perlengkapan menanam dan berkebun.

’’Pembelinya kadang ada yang dari Sidoarjo ada yang dari Surabaya mereka terkadang mampir melihat lihat. Terkadang kan banyak orang lewat habis liburan dari Pacet dari Trawas kadang mampir membeli bunga atau media tanam,’’ kata pria 37 tahun ini.

Menurutnya, orang yang membeli bunga sekarang tidak hanya dari kalangan wanita saja. Seiring perkembangan zaman, pembeli bunga semakin meluas. Mulai anak-anak, bapak-bapak, hingga instansi perkantoran.

’’Sekarang mulai anak sekolah kadang ada untuk kegiatan sekolah biasanya, anak muda juga ada, bahkan sekarang yang sering beli itu bapak-bapak,’’ pungkas Wahyu.


Ratusan jenis tanaman hias yang diperjual belikan. Kebanyakan yang diminati adalah jenis Aglaonema, Sirih Gading, Kaktus, Monstera, Homalomena, Calathea, Kuping Gajah, ada juga jenis daun daun an seperti Tanduk rusa, Pohon dolar, dan Pucuk merah. Jenis tanaman ini banyak diaplikasikan pada taman-taman.

Selain itu, ada juga jenis bunga hias yang  khusus untuk koleksi. "Ada tanaman yang diincar kolektor tanaman hias untuk dijadikan koleksi seperti jenis bonsai, janda bolong, anggrek, dan monstera. Kalau anak muda itu biasanya itu sukanya jenis bonsai mini, dan anak kaktus,’’ ungkapnya.

Salah satu pembeli yaitu Saiful Bahri pemuda asal Menanggal ini sering membeli bunga jenis bonsai mini. "Biasanya saya beli bibit bonsai jenisnya yang saya suka serut, dan kimeng. Selain bagus perawatannya cukup simple," ungkap, Saiful.

Aneka jenis tanaman hias milik pak Wahyu dibanderol dengan harga yang bervariasi. Berkisar mulai dari ribuan hingga jutaan rupiah. Tak hanya tanaman, pak Wahyu juga menjual aneka kebutuhan taman hingga kelengkapan berkebun. Itu seperti pupuk, pot, rak, vitamin, media tanam, sabut kelapa, pasir malang, dan bebatuan. (krs/jek)
Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode