Terfasilitasi Program UHC, Warga Torjun di Balikpapan Ucapkan Terimakasih kepada Bupati Sampang ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Terfasilitasi Program UHC, Warga Torjun di Balikpapan Ucapkan Terimakasih kepada Bupati Sampang

-

Baca Juga

Pasien saat dirawat di salah satu Rumah Sakit di Balikpapan (Wiwit/Jurnalmojo)
Pasien saat dirawat di salah satu Rumah Sakit di Balikpapan (Wiwit/Jurnalmojo)

SAMPANG (jurnalMojo.id) — Program Universal Health Coverage (UHC) ini merupakan program yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah untuk memberikan pengobatan gratis secara untuk masyarakat Kabupaten Sampang.

Program UHC yang diluncurkan Kabupaten Sampang bukan hanya isapan jempol belaka , namun program yang memberikan bukti bukan janji terhadap layanan kesehatan masyarakat secara gratis.

Bermula dari kisah yang dialami oleh Nurul Astutik ( 50) warga Desa Kodak , Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang, Madura  yang sedang sakit di Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur.

Menurut keterangan keluarga korban yang di Sampang, pasien yang sakit sedang mengunjungi putranya yang bekerja di Balikpapan. Saat berada disana tiba tiba Nurul jatuh sakit dan dilarikan ke rumah sakit setempat, karena kondisinya kritis pasien masuk ruang ICU.

Lanjut keluarga korban, hasil diagnosa pasien menderita kadar gula tinggi yang menyebabkan gangguan pernafasan. Ditengah kebingungan dan kepanikan untuk biaya pengobatan pihak keluarga mencari informasi untuk ikut membantu biaya pengobatan, apalagi ini sakit di daerah orang.

"Akhirnya kami mendapat informasi dari relawan Dewan Kesehatan Rakyat ( DKR) Sampang untuk didaftarkan ke program UHC untuk mendapat layanan pengobatan gratis, sesuai saran kemudian kami datang ke Puskesmas Torjun untuk mendaftarkan pasien ke program UHC," ungkap keluarga korban, Selasa 13/12/2022.

Kemudian Ia menambahkan, Kepala Puskesmas Torjun dr Budi segera quick respon dan segera mendaftarkan pasien ke program UHC dan tak berapa lama pendaftaran program UHC sukses dan tak berapa lama sudah aktif kepesertaan program UHC.

"Kami dari keluarga Nurul mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sampang, H Slamet Junaidi dengan program UHC memberikan bukti bukan janji apalagi ini lintas Provinsi. Begitu juga kepada jajaran Puskesmas Torjun kami ucapkan terima kasih. Bahkan uang jaminan untuk perawatan dikembalikan oleh pihak Rumah Sakit Balikpapan.

Sementara itu dr Budi mengungkapkan, sudah menjadikan kewajiban sebagai tenaga kesehatan untuk memberikan layanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat.

"Kami senantiasa mengutamakan pelayanan agar masyarakat terlayani dengan baik," pungkasnya.

Sesuai yang disampaikan oleh Bupati Sampang H Slamet Junaidi saat Launching program UHC Agustus 2022, Program UHC ini sebagai upaya untuk memberikan fasilitas bagi masyarakat Sampang yang membutuhkan pelayanan kesehatan secara gratis dan mudah dengan menunjukkan KTP domisili Sampang.

“Dengan adanya Program UHC ini saya pastikan, masyarakat  yang memiliki E-KTP Sampang, berobat dimanapun di Indonesia gratis, semua yang disampaikan terbukti bukan janji," sambungnya. (wit/jek)
Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode