Kecintaan Terhadap Anggrek Pemuda Asal Mojokerto Hasilkan Uang Jutaan Rupiah ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Kecintaan Terhadap Anggrek Pemuda Asal Mojokerto Hasilkan Uang Jutaan Rupiah

-

Baca Juga

Koleksi Anggrek Dhani (FOTO : Krisna/jurnalMojo)
Koleksi Anggrek Dhani (FOTO : Krisna/jurnalMojo)
MOJOKERTO (jurnalMojo.id) — Setiawan Ramadhani Wicaksono seorang mahasiswa Universitas Brawijaya, Ia merintis usaha anggrek, berawal dari rasa cinta pada tanaman anggrek. Anak terakhir dari Edy Soedjoko, dan Dyah Wilujeng Ingtyas,  justru semakin semangat mengembangkan bisnis tanaman anggrek bangku SMP.

”Awal mulanya saya cinta pada tanaman anggrek ini, berawal saya diajak ibu ke pasar bunga di jalan Brawijaya Mojokerto. Kemudian saya terpesona dengan anggrek bulan, dan dari situlah muncul kecintaan saya pada bunga anggrek yang memicu saya untuk merawat bunga anggrek,” ucap Dhani sapaan pemilik Dani Orchid Official, Selasa (5/3/2024).

Usaha yang Ia rintis itu bermula dari join menjadi reseller bunga anggrek. Tak lama kemudian, setelah usaha anggreknya makin menghasilkan. Dhani perlahan mengumpulkan modal dan membangun kebun anggrek yang awalnya ia menggunakan lahan milik saudaranya.

Nah, ketika tahun 2020, saat pandemi melanda, pemuda 20 tahun ini memulai bisnis anggrek  melalui sosial media Instagram. Tak disangka berkat live itu Dhani dapat meraup keuntungan di angka Rp 10.000.000 juta hingga Rp 15.000.000 juta.

Keuntungan dari penjualan bunga anggrek sedikit demi sedikit di kumpulkan hingga pada tahun 2021 Dhani akhirnya memiliki kebun anggrek sendiri di Dusun Mengelo, Desa/Kec Sooko, Kab Mojokerto.

Kemudian di 2021 ia memulai budidaya pembibitan bunga anggrek yang ia kelola sendiri. Sekarang Dhani memiliki lebih dari 500 indukan anggrek yang diperoleh dari 4 spesies anggrek. Keempat spesies di antaranya, anggrek strebloceros alba, Dendrobium, Strepsiceras, dan Lasianthera.

Bunga anggrek yang banyak penggemarnya menurut Dhani ada empat jenis. Yakni, dendrobium keriting, catteleya, dendrobium bulat, dan anggrek vanda.

Menurut Dhani, bunga anggrek yang menjadi favorit konsumen adalah anggrek jenis cattleya. "Pengiriman bunga anggrek saya sudah ke seluruh Indonesia,” ujar Dhani.

Sementara itu, salah satu dari 7 temanya yang sekarang bekerja bersama Dhani yaitu Fahmi Nurdin Baihaqi. Menurutnya, bisnis bunga anggrek ini sangat membantu dirinya finansial dan juga yang paling penting tidak mengganggu waktu sekolah.

”Biasanya dalam sekali live di sosial media, laku hingga 150 pot, itu saat ramai pembeli, kalaupun hari hari biasa masi puluhan pot yang bisa terjual,” ungkap Fahmi.

Bahkan, bisnis bunga anggrek ini sudah sangat menghasilkan, Fahmi bahkan dapat membeli handphone baru, handphone barunya ini dipergunakan untuk membantunya promosi berjualan bunga anggrek lewat Instagram.

"Alhamdulillah bisa beli handphone yang kameranya bagus dan jernih, jadi mampu membantu saya untuk promosi sekaligus jualan," pungkas Fahmi. (krs/jek)
Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode