Bulan Maret Cuaca Ekstrem, Waspada Pohon Tumbang ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Bulan Maret Cuaca Ekstrem, Waspada Pohon Tumbang

-

Baca Juga

Ilustrasi pohon tumbang
Ilustrasi pohon tumbang

MOJOKERTO (jurnalMojo.id) — Waspada cuaca ekstrem wilayah Mojokerto Kabupaten maupun Kota. Memasuki Maret 2024 hingga pertengahan Maret diprediksi akan terjadi angin kencang hingga puting beliung.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Abdul Khakim pada wartawan menyampaikan, prediksi BMKG Juanda, Februari-Maret. hingga pertengahan Maret, untuk musim hujan sendiri sampai akhir Maret.

"Akhir Maret masih hujan tapi intensitasnya tidak begitu tinggi. Potensi terjadi pohon tumbang ada di sepanjang jalur provinsi,” ungkapnya, Selasa (5/3/2024).

Menurut Abdul Khakim, jalur provinsi yang dimaksudnya adalah sepanjang wilayah Kecamatan Mojoanyar hingga Pungging. Karena di sepanjang jalur tersebut banyak pohon besar di sisi kanan dan kiri. Sehingga berpotensi terjadi pohon tumbang saat hujan disertai angin kencang.

Sebelumnya, sebuah pohon di jalur provinsi tepatnya di Jalan Raya Ngranggon, Desa Ngrowo, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto, Senin (4/3/2024) tumbang. Akibat tumbangnya pohon jenis Kesono dengan diameter ± 60 cm ini menyebabkan kemacetan hingga 4 km.

Pohon tumbang yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi dan angin kencang. Pohon yang sudah kropos pada bagian akar tersebut menyebabkan pohon tumbang saat hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang.

“Awal Maret ini, sudah dua kejadian pohon tumbang karena cuaca ekstrem. Sabtu kemarin di Gedeg dan kemarin di Bangsal. Itu karena pohon sudah besar dan keropos, ini memang yang berpotensi tumbang saat diterjang hujan dan angin kencang. Hujan terjadi sampai akhir Maret tapi sudah jarang,” urainya. (dyl/jek)
Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode