PUPR Luncurkan Aplikasi 'IDJO', Khusus Untuk Warga Jombang Laporkan Kerusakan Jalan ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

PUPR Luncurkan Aplikasi 'IDJO', Khusus Untuk Warga Jombang Laporkan Kerusakan Jalan

-

Baca Juga

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab saat meluncurkan aplikasi IDJO di Pendopo Kabupaten Jombang.(Elok Apriyanto/jurnalMojo)
Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab saat meluncurkan aplikasi IDJO di Pendopo Kabupaten Jombang.(Elok Apriyanto/jurnalMojo)


JOMBANG (jurnalMojo.id) — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Jombang meluncurkan aplikasi Informasi Dalan Jombang (IDJO). Aplikasi berbasis web ini bekerja untuk menerima laporan warga terkait kerusakan jalan di Jombang.

Aplikasi 'IDJO' dilaunching langsung Bupati Jombang Mundjidah Wahab di Pendopo Kabupaten. Trobosan yang dikeluarkan Dinas PUPR Jombang ini sangat memudahkan masyarakat Jombang untuk melaporkan kondisi jalan di Kota Santri.

"Jadi bagi masyarakat yang ingin melaporkan jalan rusak ini tidak usah datang ke kantor desa, camat atau dinas. Namun sekarang bisa mengakses lewat handphone dimanapun dan kapanpun," ujarnya, Selasa (13/6/2023)

Menurut Mundjidah, terobosan ini adalah bentuk komitmen Pemkab Jombang dalam melayani dan menampung aspirasi masyarakat. Selain itu, ia juga telah menyiapkan anggaran perbaikan jalan senilai Rp 83 miliar di tahun ini

"Dari sisi anggaran, kita juga berkomitmen terus membangun infrastruktur khususnya jalan di Kabupaten Jombang. Tahun ini, dari APBD 2023 kita siapkan Rp 83 miliar untuk penanganan jalan rusak. Insya Allah di P-PABD 2023 kita upayakan lagi," ucapnya.


Kepala Dinas PUPR Jombang Bayu Pancoroadi mengatakan, aplikasi 'IDJO' ini dapat diakses masyatakat melalui link bit.ly/idjombang. Ada beberapa fitur yang disediakan diantaranya aduan, peta jalan, data perbaikan jalan dan kondisi jalan. Jika ingin melaporkan jalan rusak, pelapor wajib mengisi formulir yang disediakan.

"Nantinya diharapkan dapat melaporkan dan menyampaikan langsung jika ada jalan rusak di wilayah mereka. Baru nanti akan kami respons sesuai pertanyaan yang diajukan," terangnya.

Dikatakan Bayu, aplikasi ini diperuntukan sebagai langkah awal penyelesaian masalah kerusakan jalan yang dikeluhkan warga. Dengan aplikasi ini, warga bisa dengan mudah melaporkan kerusakan jalan secara langsung.

Selain itu, di dalam aplikasi ini juga dilengkapi fitur menu peta jalan dan menu perbaikan jalan di sejumlah titik ruas jalan Kabupaten Jombang.

"Ini juga sebagai upaya kita memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat," pungkasnya. (elo/jek/*)

Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode