Perkuat Kamtibmas, Polresta Mojokerto Terjunkan Ratusan Polisi ke Tingkat RW ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Perkuat Kamtibmas, Polresta Mojokerto Terjunkan Ratusan Polisi ke Tingkat RW

-

Baca Juga

 

Beberapa personel yang diterjunkan ke tingkat RW untuk memperkuat Kamtibmas (FOTO/IST)
Beberapa personel yang akan diterjunkan ke tingkat RW untuk memperkuat Kamtibmas (FOTO/IST) 

MOJOKERTO (jurnalMojo.id) — Untuk memperkuat keamanan dan ketertiban masyarakat ( Kamtibmas ) sampai tingkat bawah, kini Polres Mojokerto Kota menerjunkan ratusan personelnya hingga tingkat Rukun Warga (RW).

Usai memimpin apel gelar Polisi RW di lapangan Patih Gajah Mada Polresta Mojokerto Polda Jatim. Kapolresta Mojokerto AKBP Wiwit Adisatria, S.H, S.I.K, M.T  mengatakan, bahwa dengan diterjunkannya personel ke tingkat RW di setiap wilayah di Kota Mojokerto ini nantinya dapat memperkuat Bhabinkamtibmas yang sudah ada di masing – masing desa atau kelurahan.

"Para polisi RW yang ditugaskan nanti akan memback up para Bhabinkamtibmas di masing – masing desa atau kelurahan yang ada untuk mendeteksi persoalan yang ada di lingkungan masyarakat," kata AKBP Wiwit, Senin (15/05/23).

Program polisi RW ini merupakan program Kabaharkam Polri sebagai wujud Binmas prediktif yang berperan sebagai fungsi harkamtibmas dalam mengemban tugas sebagai pengemban Polmas dalam komunitas RW.

Kapolresta Mojokerto AKBP Wiwit berharap adanya Polisi RW dapat meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat kepada Polri yang mengedepankan upaya premtif dalam mewujudkan stabilitas keamanan dalam negeri.

"Saya berharap dengan adanya Polisi RW membuat kepercayaan masyarakat pada kami akan meningkat, karena sudah menjadi tugas dan kewajiban kami untuk menjaga keamanan dalam negeri, Nantinya akan ada sebanyak 389 polisi RW yang akan disebar di 86 desa dan 18 kelurahan di wilayah Kota Mojokerto," ucapnya. 

Semua anggota Polri dari semua fungsi melaksanakan tugas kamtibmas di tingkat RW dan tanggung jawab sebagai pembina yaitu mendengarkan keluhan masyarakat dan problem solving. 

Keberadaan Bhabinkamtibmas yang mempunyai ruang lingkup desa/kelurahan dirasakan terlalu besar, maka dengan adanya Polisi RW ini setiap permasalahan di masyarakat dapat tertangani dengan cepat.

"Polisi RW dibentuk untuk mendeteksi dini kriminalitas di masyarakat khususnya kalangan remaja hingga masalah sosial di lingkungan RW," jelas AKBP Wiwit

Dengan adanya Polisi RW itu, maka dapat membantu berkolaborasi, duduk bersama dan peduli bersama terhadap berbagai fenomena masalah sosial yang dirasakan langsung masyarakat. 

AKBP Wiwit juga berpesan kepada Polisi RW supaya memulai interaksi yang konsisten dengan masyarakat initial contact untuk membangun good impression. 

"Mari kita wujudkan dan kita laksanakan bersama tugas polisi RW guna terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polresta Mojokerto," tuturnya. (fer/jek/*)

Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode