Tonjolkan Sekolah Rasa Pesantren, SMP Islam Sunan Ampel Disiplinkan Siswa dengan MOTTO ISAKU (Islami,Santun,Aktif,Kreatif dan Unggul) ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Tonjolkan Sekolah Rasa Pesantren, SMP Islam Sunan Ampel Disiplinkan Siswa dengan MOTTO ISAKU (Islami,Santun,Aktif,Kreatif dan Unggul)

-

Baca Juga

Siswa siswi pada saat sholat dhuha berjamaah (Foto : Hajar Estina/jurnalMojo)
Siswa siswi pada saat sholat dhuha berjamaah (Foto : Hajar Estina/jurnalMojo) 

MOJOKERTO (jurnalMojo.id) — Kegiatan belajar mengajar di SMP Islam Sunan Ampel banyak dijadwalkan belajar agama, hal tersebut terlihat dari kebiasaan setiap harinya di sekolah. 

Pembiasaan yang diterapkan di SMP Islam Sunan Ampel yakni membaca tawasul sebelum jam pelajaran dimulai, kemudian setelah itu dilanjutkan dengan pelajaran. 

Menurut keterangan Bapak Abdul Rozak, S. Pd. selaku guru agama setiap hari Senin dan Kamis dibiasakan sholat dhuha dan Mengaji Kitab Kuning ( Pego). Kemudian di hari Selasa dan Rabu Menerapkan Program GemmaJuzaA( Gerakan Menghafal Juz Amma) dan dilanjutkan lagi dengan pembelajaran biasa. Untuk kemudian pada pukul 13.30 - 14.30 dilakukan pembiasaan Mengaji Al-Qur’an dengan Metode Yanbu’a. 

"Pembiasaan tersebut selalu kami upayakan berjalan, pasalnya anak-anak zaman sekarang banyak yang abai terhadap agama, belum lagi tata kramanya, sehingga penting pembelajaran agama di usia awal memasuki remaja," terangnya. 

Di bulan Ramadhan pun, kegiatan pembelajaran secara efektif dan fakultatif masih dilakukan. 

Siswa siswi pada saat mengaji kitab kuning bersama guru agama (Foto : Hajar Estina/jurnalMojo)
Siswa siswi pada saat mengaji kitab kuning bersama guru agama (Foto : Hajar Estina/jurnalMojo) 

"Ya kalau bulan puasa mulai jam 07.30 - 10.30 itu pembelajaran efektif, kemudian dilanjut dari jam 10.30 - 11.30 mengaji kitab kuning, lanjut Sholat Duhur Berjamaah," ungkapnya. 

Sementara itu, Ibu Ririn Indawati juga memberikan keterangan bahwa dengan pemberlakuan sekolah yang berbasis pesantren diharapkan siswa siswi SMP Islam Sunan Ampel bisa menjadi anak anak yang Islami,Santun,Aktif ,Kreatif dan Unggul , sesuai dengan Motto SMP Islam Sunan Ampel. 

"Dari dulu kami selalu berupaya untuk membuat sekolah ini tidak hanya tempat belajar ilmu pengetahuan saja, melainkan juga ilmu agama, supaya kelak siswa siswi SMP Islam Sunan Ampel menjadi manusia yang memiliki ilmu berimbang," tegasnya. 

Walaupun banyak pembiasaan seperti ala pesantren, namun siswa siswi juga tidak ketinggalan dengan kegiatan anak anak sekolah pada umumnya dimana SMP Islam Sunan Ampel Mempunyai Kegiatan di Luar Kelas Seperti  kegiatan Study  Industri Ke Pabrik, Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS),Kegiatan Outing Class dengan tema Sedekan Oksigen di MWCNU Mojosari  yang baru dilaksanakan terakhir ini dan masih banyak lagi kegiatan yang diikuti siswa sebagai penunjang dalam proses belajar. (hes/jek)

Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode