Cegah Lonjakan Harga Kebutuhan Pokok, Bupati Mojokerto Gelar Event Ke-3 Pasar Murah ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Cegah Lonjakan Harga Kebutuhan Pokok, Bupati Mojokerto Gelar Event Ke-3 Pasar Murah

-

Baca Juga

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati saat mengunjungi stand-srand penjual di event ke-3 pasar murah (Foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto)
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati saat mengunjungi stand-srand penjual di event ke-3 pasar murah (Foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto) 

MOJOKERTO (jurnalMojo.id) — Untuk mencegah lonjakan harga kebutuhan pokok mnjelang Hari Raya Idul Fitri, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menggelar event pasar murah Ramadan yang ketiga di Pasar Gedengan, Desa Tamiajeng, Kecamatan Trawas. 

Pembukaan pasar murah Ramadan di Tamiajeng dihadiri oleh Kepala Disperindag Kabupaten Mojokerto Iwan Abdillah, Kepala Bank Jatim Cabang Mojokerto, Forkopimca Trawas, serta Kepala Desa Tamiajeng. Selain itu, juga ada senam lansia yang digelar pada event tersebut. 

Event pasar murah Ramadan di Desa Tamiajeng ini berlangsung 2 hari, yaitu 14-15 April 2023. Dalam event tersebut, Disperindag Kabupaten Mojokerto menggandeng 30 pelaku UMKM untuk ikut berjualan di pasar murah. Ada puluhan UMKM yang menjual aneka makanan ringan, aneka kue kering, frozen food, madu dan produk unggulan lainnya.

Banyak kebutuhan pokok yang dijual dengan harga terjangkau dalam pasar murah Ramadhan ini. Seperti minyak goreng kemasan yang dijual dengan harga Rp 13.500/liter dan gula pasir Rp 12.000/Kg.

Sebelumnya, pasar murah juga digelar di halaman Kantor Bupati Mojokerto dan di Waduk Windu, Desa Cinandang, Kecamatan Dawarblandong. Dan pasar murah yang di gelar di Desa Tamiajeng, Trawas ini merupakan event yang ketiga. 

Dalam sambutannya Bupati Ikfina mengatakan, pasar murah Ramadan ini untuk menyambut Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-730. Selain itu, untuk mencegah lonjakan harga kebutuhan pokok menjelang Lebaran karena tingginya kebutuhan masyarakat saat Idul Fitri membuat harga sembako naik ketika tak diimbangi dengan pasokan yang cukup.

"Makanya kita menyelenggarakan pasar murah supaya bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama untuk kebutuhan pokok seperti beras, gula, dan minyak," terangnya saat membuka pasar murah Ramadan di Desa Tamiajeng, Jumat (14/4/2023).

Bupati Ikfina berharap dalam event pasar murah di Trawas ini, masyarakat dapat memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau. Karena, berdasarkan pantauannya melalui Aplikasi Info Harga milik Disperindag Kabupaten Mojokerto, beberapa kebutuhan pokok di wilayah ini mengalami kenaikan.

"Pantauan kami beberapa kebutuhan pokok terpantau tinggi, makanya dilaksanakan pasar murah di Trawas. Harapan kami hari ini dan besok ramai semuanya, pasar ini juga bisa membawa kebaikan warga Tamiajeng dan sekitarnya," jelasnya.

Selain itu, Ikfina juga mengenalkan Aplikasi Tumbas kepada warga Kecamatan Trawas. Marketplace lokal ini digadang-gadang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kalau yang jualan di Aplikasi Tumbas ini masyarakat Kabupaten Mojokerto dan dibeli semuanya oleh warga Kabupaten Mojokerto, ini akan sangat luar biasa. Kita ingin menggerakkan ekonomi di Kabupaten Mojokerto," cetusnya.

Sejak 6 April 2023, Disperindag Kabupaten Mojokerto juga menggelar event Tumbas Akeh-akehan. Event yang berlangsung sampai 7 Mei nanti tersebut menyediakan total hadiah Rp 5 juta untuk 6 pemenang.

Masing-masing 3 pemenang untuk kategori jumlah transaksi paling banyak dan nilai transaksi tertinggi dalam berbelanja menggunakan Aplikasi Tumbas. Hadiah berupa voucher belanja di Tumbas bakal diserahkan Bupati Ikfina pada upacara Hari Jadi Kabupaten Mojokerto 9 Mei nanti. (hes/jek)

Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode