Trowulan Peringati Tradisi Ruwah Desa, Bupati Mojokerto Hadir Menyaksikan Pawai Budaya ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Trowulan Peringati Tradisi Ruwah Desa, Bupati Mojokerto Hadir Menyaksikan Pawai Budaya

-

Baca Juga

Pembagian hadiah oleh Bupati Mojokerto (FOTO: Diskominfo Kabupaten Mojokerto)
Pembagian hadiah oleh Bupati Mojokerto (FOTO : Diskominfo kabupaten Mojokerto)

MOJOKERTO (jurnalMojo.id) — Ruwah desa merupakan sebuah tradisi masyarakat yang dilakukan dalam bulan ruwah dengan ditujukan kepada seseorang yang pertama kali membuka desa.

Di Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto, mengadakan acara ruwah desa yang dihadiri oleh Bupati, Kepala Disbudporapar serta Kepala DPMD serta Forkopimca Trowulan pada, Minggu (5/3/2023) pagi. 

Pada acara itu, Bupati Ikfina Fahmawati menyaksikan pawai budaya persembahan masyarakat Desa Jatipasar, di jalan masuk arah Candi Wringin Lawang.

Potret kemeriahan acara ruwah Desa yang diikuti seluruh masyarakat Jatipasar (FOTO : Anggun Kusuma/jurnalMojo)
Potret kemeriahan acara ruwah Desa yang diikuti seluruh masyarakat Jatipasar (FOTO : Anggun Kusuma/jurnalMojo)

Berbagai macam pakaian adat pun dikenakan oleh masyarakat dari beberapa RT dan RW. Tak hanya itu ada juga beberapa kostum lucu untuk hiburan. Mereka berjalan sembari arak-arakan gunungan berisi tumpeng, hasil bumi. 

Kepala Desa Jatipasar H.Mulyadi,SH. turut menyambut kehadiran Bupati Mojokerto dengan memakai pakaian adat Jawa balutan kain hitam, semakin menambah kewibawaannya sebagai kepala Desa Jatipasar.

"Alhamdulillah kali ini bisa menghadirkan Bupati Mojokerto untuk menyaksikan ruwah desa, semoga tradisi ini tetap menjadi kegiatan yang rutin setiap tahunnya," ucap Kepala Desa Jatipasar.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan masyarakat agar tetap rukun antar masyarakat dan sebagai tanda rasa syukur atas nikmat yang sudah didapatkan ditahun ini maupun tahun sebelumnya.

Seorang warga bernama Astutik yang mengikuti acara ini ikut merasa bahagia tersendiri setelah 2 tahun silam tidak ada acara seperti ini.

"Senang sekali acara seperti ini terlaksana kembali, apalagi ini dihadiri Bupati, sekian lama setelah covid melanda udah macet total semua agenda dibatalkan," katanya. 

Sementara itu, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, berharap agar masyarakat tetap kompak, disini Bupati juga berkesempatan menyerahkan piala dan hadiah secara simbolis kepada para juara di penghujung acara.

"Saya berharap melalui kegiatan ruwah desa ini, bisa membuat semakin mempererat kekompakan masyarakat Desa Jatipasar dalam berkreasi," pungkasnya. (gun/jek) 

Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode