Mahasiswa UNIM, Rela Kuliah Sambil Buka Jasa Cukur Rambut Demi Ringankan Beban Orang Tua ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Mahasiswa UNIM, Rela Kuliah Sambil Buka Jasa Cukur Rambut Demi Ringankan Beban Orang Tua

-

Baca Juga

Kurnia Indra sedang mencukur rambut pelanggannya (Foto : Yogi Prastyo/jurnalMojo)
Kurnia Indra sedang mencukur rambut pelanggannya (Foto : Yogi Prastyo/jurnalMojo) 

MOJOKERTO (jurnalMojo.id) — Bekerja sambil kuliah sudah menjadi hal yang wajar dilakukan oleh para mahasiswa, apalagi jika niatnya untuk membantu meringankan beban orang tua, pasti sungguh mulia sekali.

Seorang Mahasiswa Universitas Islam Majapahit Prodi Pendidikan Agama Islam. 
Kurnia Indra (24), warga Dusun Tegalsari, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto. Mengatakan meskipun statusnya mahasiswa namun pihaknya tetap membuka cukur rambut di rumahnya. 

"Iya selain sebagai seorang mahasiswa, saya juga bekerja dengan membuka jasa cukur rambut untuk menambah penghasilan, sekaligus bantu meringankan beban kedua orang tua untuk bayar biaya kuliah (bayar heregistrasi), dan juga untuk biaya kehidupannya sehari-hari seperti untuk beli bensin, print tugas kuliah dan juga untuk jajan," ucap Indra, Minggu (12/1/2023). 

Jasa cukur rambut ini dibuka secara sederhana di teras rumahnya yaitu Dusun Tegalsari, RT. 01, RW. 02, Desa Puri, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto. Jika tidak ada kuliah ia buka mulai pukul 09.00-22.00 WIB, tetapi jika ada kuliah maka ia buka setelah pulang kuliah.

Selain itu, tujuannya membuka jasa cukur rambut, tidaklah lain karena ia ingin punya bekal keahlian ketika nanti sudah lulus kuliah, jadi tidak perlu susah-susah mencari pekerjaan lagi, cukup mengembangkan saja usahanya yang sekarang.

Untuk penamaan usaha jasa cukur rambut yang telah dirintisnya ini, ia menamakan dengan nama yang menarik. Terdapat filosofi bermakna besar didalamnya. 

"Saya beri nama Temprament Haircut supaya adanya emosi positif dalam pekerjaan yang saya jalani sekarang. Jadi semakin emosi untuk belajarnya tetap ada untuk mengembangkan skill dan model-model potong rambut," ungkap Indra.

Indra mulai belajar cara mencukur rambut bulan Oktober 2022 secara otodidak, ia belajar pada tukang cukur rambut di daerah Puri selama 1 bulan. Sebelumnya Ia sama sekali tidak punya basic dalam mencukur rambut, dengan niatnya untuk belajar, akhrinya membuahkan hasil. 

Tidak sampai disitu saja, Indra terus mengembangkan skilnya dengan melihat video tutorial di youtube.
Setelah dirasa sudah bisa, ia memberanikan diri untuk mulai buka cukur rambut pada Desember 2022 lalu. 

Awal-awal buka, Indra masih menggratiskan ongkos cukurnya selama 1 bulan. Karena peralatan yang ia miliki masih belum lengkap dan juga bisa untuk latihannya supaya semakin mahir. Setelah peralatannya sudah lengkap lengkap, ia kenakan tarif Rp 8.000 per orang.

Alat-alat yang ia gunakan untuk mencukur rambut terdiri dari clipper, gunting sasak dan gunting potong, sisir, jepit rambut, water spray, razor, trimer, dan kain cape (kain penutup). 

Model potongan rambut yang saat ini dikuasai Indra adalah potongan cepak rapi, mullet, under cut, mohawk dan 2 jari. Ada juga beberapa kendala yang ditemui saat ia mencukur rambut pelanggan yakni ketika menjumpai rambut berjenis ikal, kering, dan tebal karena lebih sulit untuk disisir dan dirapikan.

Salah satu pelanggan, Joko Prastyo (53), mengaku puas kalau cukur rambut di Indra, sebab hasil potongan yang dibuat, sangat sesuai dengan apa yang diharapkan. 

"Hasil potongan rambutnya bagus, rapi, bisa buat langganan terus, ongkosnya juga termasuk murah," tuturnya. (yog/jek)
Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode