Roudlotut Tilawah, Lahirkan Generasi Cinta Al-Qur'an dan Sholawat Sejak Dini ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Roudlotut Tilawah, Lahirkan Generasi Cinta Al-Qur'an dan Sholawat Sejak Dini

-

Baca Juga

Kegiatan belajar membaca Al-Qur'an para santriwati (foto : Yogi Prastyo/jurnalMojo)
Kegiatan belajar membaca Al-Qur'an para santriwati (foto : Yogi Prastyo/jurnalMojo)

MOJOKERTO (jurnalMojo.id) — Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) dan Madrasah Diniyah (Madin) merupakan salah satu yayasan pendidikan agama Islam. TPQ dan Madin sangat berperan penting dalam mendidik dan mengajarkan agama Islam secara mendalam kepada santri dan santriwati.

Di Mojokerto banyak ditemui yayasan TPQ dan Madin, salah satunya adalah Yayasan Roudlotut Tilawah. Yayasan ini berlokasi di Dusun Menanggal RT. 09 RW. 03, Desa Menanggal, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto.

Yayasan Roudlotut Tilawah didirikan pada 20 November 2018 oleh Ustadz Andi Yudha Raharjo (35) dan istrinya yang sekaligus sebagai pengasuhnya. Sedangkan ketua yayasannya adalah Budiono (65).

"Nama Roudlotut Tilawah sendiri merupakan rekomendasi dari guru saya yaitu KH. Mahfudzi Ahmad yang artinya taman bacaan Al-Qur'an," ungkap Ustadz Andi Yudha Raharjo 

"Hingga kini sudah ada 130 orang santri dan santriwati di Yayasan Roudlotut Tilawah. Mulai dari tingkatan TPQ (usia 5 -12 tahun) sampai Madin (usia13-18 tahun). Namun kita ini terkendala di tempatnya yang kurang memadai karena muridnya banyak, dan juga kurang tenaga pengajarnya," tambahnya.

Roudlotut Tilawah hanya mempunyai 4 0rang tenaga pengajar yang terdiri dari 2 ustadz dan 2 ustadzah yaitu Ustadz Agus Fajar (22), Ustadz Marcel Ristian Aldiano (15), Ustadzah Iqfanda Risnaini (18), dan Ustadzah Yuanita Olyviana Putri (29). 

"Saya mengajar mulai dari TK-A sampai kelas 3 SD, dari mengajari membaca Iqro 1-3, praktek sholat dan juga surah-surah pendek," ujar Marcel Ristian Aldiano (15), salah satu ustadz di TPQ Roudlotut Tilawah.

Untuk jadwal belajar mengajarnya dibagi menjadi dua tingkatan. Tingkatan TPQ hari Senin-Sabtu 15.30-17.00, dan tingkatan Madin hari Senin-Sabtu 18.30-20.00. Selain mengajarkan Al-Qur'an, ada juga pengajaran kitab akidah, fiqih, akhlak dan tajwid.

Kegiatan-kegiatan yang pernah diselenggarakan Roudlotut Tilawah meliputi takbir keliling, ziarah ke makam waliyullah dan auliya' setiap 1 tahun sekali, lailatul sholawat (hadroh dan majelis ta'lim) setiap 1 bulan sekali, istighosah dan sholawat setiap malam Jum'at, peringatan maulid nabi, dan khataman Qur'an saat ruwah dusun.

Prestasi dari Yayasan Roudlotut tilawah sendiri antara lain juara 1 lomba adzan tahun 2021, dan juara 1 tahfidz Qur'an juz 30 tahun 2022 antar TPQ se Desa Menanggal, dalam acara Maulid dan Harla IPPNU Desa Menanggal.

"Belajar mengaji sudah iqro 4, selain itu belajar bacaan surah pendek, praktek sholat dan wudhu serta niat wudhu," kata Dzaki Arya Saputra (8) salah seorang santri TPQ Roudlotut Tilawah. (yog/jek)

Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode