Pengrajin Aquarium Sukses Sejak 1990, Omset Tembus 5 Juta Perhari. ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Pengrajin Aquarium Sukses Sejak 1990, Omset Tembus 5 Juta Perhari.

-

Baca Juga

Pelanggan sedang melihat dan memilih aquarium motif (kaca foto: Yogi Prastyo/jurnalMojo)
Pelanggan sedang melihat dan memilih aquarium motif (kaca foto: Yogi Prastyo/jurnalMojo)

MOJOKERTO (jurnalMojo.id) — Teguh Siswoyo (52) merupakan pengrajin aquarium asal Dusun Karangpoh RT.05, RW. 03, Desa Seduri, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto.

Ia juga merupakan pemilik toko Teguh Aquarium yang menjual berbagai macam aquarium, perlengkapan aquarium, pakan ikan, dan juga ikan hias yang berlokasi di Jalan Gajah Mada No. 26 Mojosari. Toko ini buka setiap hari mulai jam 08.00-20.30.

Awalnya ia ikut bantu-bantu usaha keluarga yang juga pembuat aquarium. Kemudian ia mulai membuka tokonya sendiri di Jalan Niaga Mojosari tahun 1990. Ia pun sempat pindah di Jalan Pahlawan dan mulai tahun 2000 hingga sekarang berada di Jalan Gajah mada.

Untuk ukuran aquarium variasi buatan Teguh mulai dari panjang 40 cm-120 cm dan aquarium polos mulai panjang 30 cm-150 cm. Mulai dari bentuk segi 4, segi 6 dan layar LCD (seperti bentuk TV). Bisa juga melayani motif dan variasi sesuai permintaan pelanggan.  

Ukuran tebal dari kaca aquariumnya sendiri bervariasi mulai dari tebal 3 mm-1cm tergantung ukuran aquariumnya. Semakin besar aquariumnya maka kaca yang digunakan semakin tebal. Semua aquarium-aquarium itu ia buat sendirid i ruangan belakang tokonya.

Dalam sehari ia bisa membuat 7-10 buah aquarium polos ukuran 30 cm, dan bisa buat 2 buah aquarium motif rata-rata ukuran 60 cm.

"Untuk saat ini yang paling banyak peminatnya adalah aquarium polos ukuran 30 cm, karena sedang musimnya pelihara ikan chana,"ujar Teguh Siswoyo 

Teguh juga menjelaskan proses pembuatan aquarium yaitu pertama menentukan ukurannya misal 30x20 cm panjang 30 cm lebar 20 cm tinggi 20 cm.

Teguh Siswoyo menunjukkan proses pengeleman kaca aquarium (Foto : Yogi Prastyo/jurnalMojo)

Teguh Siswoyo menunjukkan proses pengeleman kaca aquarium (Foto : Yogi Prastyo/jurnalMojo) 

Kedua proses pemotongan kaca sesuai ukuran. Ketiga beri lem di sisi bagian bawah dan sekeliling kaca secara merata. Keempat tempelkan kaca  sesuai bagian sisinya dan beri lem lagi dibagian sisi dalam dan luar aquarium. Dan terakhir tunggu 1 hari supaya lem benar-benar kering dan bisa diisi air.

Selain dijual offline, aquarium dan perlengkapannya juga ia pasarkan online lewat Facebook. Omset perhari yang ia dapatkan bisa mencapai 5 juta dan paling sedikit 2 juta. 

Harga aquarium bervariasi tergantung ukurannya. Untuk aquarium variasi mulai dari harga 150 ribu hingga 1.4 juta. Sedangkan aquarium polos mulai harga 70 ribu hingga 1.5 juta, aquarium cupang mulai dari 20-35 ribu.

"Aquariumnya kami beri garansi 1 bulan, garansi itu berlaku jika terjadi kebocoran. Selain itu disini juga menerima restorasi aquarium dari pelanggan dan tentunya berbayar jika masa garansi sudah habis," ungkap Cindy Rachma (21), anak kandung Teguh Siswoyo. (yog/jek)

Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode