Pedagang Cilor Kipas, Rela Jualan Dengan Jalan Kaki Demi Anaknya Yang Sedang Sakit ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Pedagang Cilor Kipas, Rela Jualan Dengan Jalan Kaki Demi Anaknya Yang Sedang Sakit

-

Baca Juga

Darmaji saat melayani pembeli (FOTO : Anggun Kusuma Wardani/jurnalMojo)
Darmaji sedang melayani pembeli (FOTO : Anggun Kusuma Wardani/jurnalMojo)

MOJOKERTO (jurnalMojo.id) — Cilor kipas tentu sudah sangat jarang ditemui saat sekarang ini, kini jajanan legendaris saat masa kecil muncul kembali. 

Penjual cilor adalah Darmaji (40), berjuang berjualan cilor kipas demi anaknya yang sedang sakit dirumah, dia berkeliling berjalan kaki dari rumahnya ke daerah Trowulan.

Darmaji menggunakan gerobak pikul yang menjadi ciri khas para penjual cilor ini, dia memilih berjalan kaki dari pada sepeda motor karena menurutnya lebih santai. 

"Enak jalan kaki,kalau naik sepeda tidak bisa berjalan santai dan nanti juga harus memikirkan biaya bahan bakarnya juga," ujar Darmaji.

Darmaji mulai berjualan sejak 3 tahun yang  lalu, saat ini anaknya sakit asam lambung dan juga tifus, tiap harinya ia hanya bisa membelikan obat warung untuk kesembuhan anaknya. Dengan kondisi sakit anaknya tetap dirawat dirumah oleh neneknya karena dia sudah pisah dengan istrinya.

Darmaji berjualan cilor dari jam 6 pagi hingga jam 7 malam, untuk rute jualan biasanya dia mangkal di SD Trowulan lalu keliling kampus sekitar Trowulan, yang jaraknya bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Jika ramai, satu hari biasanya bisa terjual 2000 biji cilor namun kalau keadaan sepi hanya mampu 1000 biji cilor terjual meskipun demikian namun penjual tetap bersyukur.

"Kalau rame ya 2000 biji habis, kalau pas sepi ya cuma 1000 aja itu udah mentok," pungkasnya. 

Keuntungan yang didapatkan memang tidak seberapa, jika habis 2000 biji cuma dapat 380 ribu saja, cukup buat berobat anaknya dan makan sehari hari. Cilor kipas milik Darmaji ini diminati dari anak sekolah sampai orang dewasa. 

"Cilornya enak, saya tertarik membeli karena ini udah jarang banget ditemui dan murah juga satu kipas harganya 1000," kata pembeli. (gun/jek) 


Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode