PB. Mutiara Bintang Cetak Atlet Bulu Tangkis Berprestasi Sejak Usia Dini ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

PB. Mutiara Bintang Cetak Atlet Bulu Tangkis Berprestasi Sejak Usia Dini

-

Baca Juga

Latihan fisik dan pemanasan para anak didik PB. Mutiara Bintang (foto: Yogi Prastyo/jurnalMojo)
Latihan fisik dan pemanasan para anak didik PB. Mutiara Bintang (foto: Yogi Prastyo/jurnalMojo)

MOJOKERTO (jurnalMojo.id) — Badminton atau bulu tangkis merupakan olahraga yang belakangan ini banyak diminati masyarakat, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak.

Banyaknya peminat bulu tangkis membuat klub persatuan bulu tangkis (PB) sering dijumpai seperti sekarang ini. Salah satu klub persatuan bulu tangkis yang ada di Kabupaten Mojokerto adalah PB. Mutiara Bintang.

Klub bulu tangkis ini didirikan tahun 2017 oleh Mohammad Amir Fattahudin (25) dan rekannya Muhammad Nasir Hendrian (26), yang juga menjadi pelatih PB. Mutiara Bintang.

"Nama Mutiara Bintang karena  terinspirasi dari klub besar yang ada di Bandung yaitu Mutiara Cardinal jadi diambil nama Mutiaranya, sedangkan nama Bintang supaya bisa bersinar sendiri tanpa bantuan dari cahaya lain," ujar Mohammad Amir Fattahudin kepada Jurnalmojo, Minggu (26/02/2023).

"Awalnya dibentuk klub ini karena disini  (Mojosari) ada GOR Janetta tetapi tidak ada pelatihan, Akhirnya oleh pemilik GOR kami di suruh membuat klub bulu tangkis dan dilatih disini," tambahnya.

Kini sudah ada 25 anak yang bergabung di PB. Mutiara Bintang, 20 cowok dan 5 cewek mulai dari usia 7-18 tahun. Mereka rata-rata mulai belajar badminton mulai dari 0 dan juga pemula jadi harus berlatih dari tahap dasar.

"Bagi pemula latihannya harus diajari pukulan loop (pukulan panjang ke belakang) dulu, setelah sudah bisa di iringi dengan latihan langkah kaki, karena pukulan loop adalah pukulan dasar," pungkasnya. 

Untuk jadwal latihannya adalah hari Selasa, Kamis, Jum'at dan Minggu pukul 16.00-19.00 WIB, latihan privat hari Sabtu pukul 13.00-15.00 WIB. Untuk hari Selasa lebih difokuskan untuk latihan fisik daripada teorinya. Latihannya berpusat di GOR Janetta di Jalan Gajah Mada, Desa Menanggal, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto.

Selain latihan rutin PB. Mutiara Bintang juga mengadakan latihan fisik di luar Gor 1 bulan sekali dan dilanjutkan dengan  latihan renang. Sparring 3 bulan sekali dengan PB. Bendo sport, PB. Mutiara Majapahit, PB. Pandawa, PB. Japan Raya dan PB. Citra Diamond. 

Sedangkan, kejuaraan dan turnamen yang pernah diikuti PB. Mutiara Bintang antara lain Kejurkot Mojokerto tahun 2019-2023 dapat juara 2 dan 3 tunggal kategori usia dini. Kejurkab Mojokerto tahun 2021 dapat juara 2 tunggal usia dini dan juara 1 usia pradini. Bupati cup tahun 2019 dapat Juara 3 dan 1 tunggal usia dini.

Salah satu anak didik PB. Mutiara Bintang, Muhammad Daffa Zulfadli (11) mengatakan kalau ia sudah lama ikut di klub ini, ia juga beberapa kali mengikuti turnamen dan mendapatkan juara.

"Saya sudah 3 tahun ikut di klub ini. Pernah mengikuti Kejurkab Mojokerto tahun 2021 Dapat juara 1, Kejurkab Mojokerto 2020 Dapat juara 2," ungkap Daffa.

Ada beberapa anak didik dari PB. Mutiara Bintang yang di rekrut klub-klub besar karena memang memiliki skill dan kemampuan yang bagus di usia dini, total sudah ada 5 anak yang di rekrut klub-klub besar tersebut.

Kunci dari prestasi anak didik bisa dilihat dari 3 faktor yang pertama kemauan anak untuk terus berlatih, kedua pelatih yang bisa membimbing dan mengarahkan dan terakhir dukungan dari orang tua. Jika dari salah satu faktor tersebut tidak ada maka mustahil menjadi atlet yang berprestasi. (yog/jek)

Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode