Menyambut Pemilu 2024, Pantarlih di Mojokerto Mulai Datangi Rumah Warga Untuk Lakukan Coklit Data ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Menyambut Pemilu 2024, Pantarlih di Mojokerto Mulai Datangi Rumah Warga Untuk Lakukan Coklit Data

-

Baca Juga

 
Pantarlih datangi rumah warga untuk pendataan (Foto : Fera Meilia Ananda Putri/jurnalMojo)
Pantarlih datangi rumah warga untuk pendataan (Foto : Fera Meilia Ananda Putri/jurnalMojo) 

MOJOKERTO (jurnalMojo.id) – Pemilu serentak akan diselenggarakan pada tahun 2024, beberapa petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) sudah diterjunkan untuk melakukan kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) data calon pemilih. Salah satu Pantarlih di Mojokerto tepatnya Desa Leminggir, Kecamatan Mojosari, saat ini mulai mendatangi rumah warga satu per satu. 

Petugas pemutakhiran data pemilih yaitu Putri Cantika Rokhmana (22), warga Desa Leminggir mengungkapkan bahwa pemilu digelar pada tahun depan, namun pelaksanaan coklit harus dilakukan pada bulan ini.

"Pemilu memang digelar pada tanggal 14 Februari 2024 tetapi pelaksanaan coklit dilakukan serentak pada 12 Februari hingga 14 Maret 2023," ungkap Putri, Sabtu (25/2/2023). 

Dalam pelaksanaan coklit, Pantarlih memang wajib mendatangi masing-masing rumah warga untuk melakukan pendataan, karena dalam coklit, petugas akan mencocokkan data pemilih, mendata masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih, serta mencoret pemilih jika ditemukan tidak memenuhi syarat.

Untuk mempercepat proses coklit, warga bisa menyiapkan bukti pendukung seperti Kartu Keluarga (KK). Bagi warga yang sudah didatangi Pantarlih, nantinya akan mendapat tanda bukti terdaftar dan bukti coklit berupa stiker yang dipasang di pintu atau kaca jendela rumah. 

"Coklit dilakukan pendataan sesuai dengan identitas kartu keluarga. Setelah itu, petugas juga menggunakan aplikasi e-coklit sehingga data dari Pantarlih bisa langsung terekam dalam sistem data pemilih yang KPU miliki, kalau sudah, baru kami beri bukti coklit berupa stiker berwarna coklat untuk ditempel dirumahnya," jelasnya. 

Adanya hal ini, maka putri berharap agar nantinya masyarakat bisa berpartisipasi dalam penyusunan data pemilih yang akurat serta siap bersedia mengikuti pemilihan umum di tahun 2024 nanti dan tidak sampai ada yang golput. 

"Saya harap masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam coklit tersebut, sehingga bisa mengikuti Pemilu tahun depan dengan lancar," ucapnya sekali lagi. (fer/jek)

Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode