Cegah Anemia, Bupati Mojokerto Ajak Rematri Rutin Minum TTD ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Cegah Anemia, Bupati Mojokerto Ajak Rematri Rutin Minum TTD

-

Baca Juga

Bupati Ikfina hadir dalam kegiatan jumat ceria di SMKN 1 Dlanggu Mojokerto. (FOTO : Kodim 0815/Mojokerto)

Bupati Ikfina hadir dalam kegiatan jumat ceria di SMKN 1 Dlanggu Mojokerto. (FOTO : Kodim 0815/Mojokerto)

MOJOKERTO (jurnalMojo.id) — Agenda Jumat Ceria kali ini, Bupati Mojokerto bersama Dinkes dan Forkopimca Dlanggu hadir di SMK Negeri 1 Dlanggu guna mengkampanyekan program minum TTD untuk mencegah anemia pada rematri.

Upaya ini dilakukan tak lain guna mendukung program nasional penurunan angka stunting, khususnya di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Bupati Ikfina menjelaskan pentingnya mengonsumsi TTD rutin bagi rematri. "Salah satu penyebab wanita mengalami anemia itu karena menstruasi. Akibat kurangnya sel darah merah ini salah satunya mudah mengantuk, kurang konsentrasi. Karena sel darah merah ini tugasnya mendistribusikan sari makanan, oksigen secara merata ke dalam tubuh," ujarnya Jumat (24/2/2023).

Selain mengkonsumsi TTD, Bupati juga mengimbau kepada siswi SMKN 1 Dlanggu untuk memenuhi zat besi pada tubuh melalui makanan yang bergizi. Pasalnya zat besi ini adalah faktor utama dalam proses pembentukan sel darah merah pada tubuh.

"Ditunjang juga melalui makanan yang mengandung zat besi, contohnya bayam, daun ketela kacang-kacangan, jeroan, tapi lebih tepatnya adalah hati. Jeroan hati disini bisa hati ayam, hati kambing, hati sapi, kemudian kuning telur," lanjut Bupati.

Faktanya 30 persen atau 1/3 remaja putri di Indonesia mengalami kondisi yang namanya anemia atau kekurangan darah. (sin/jek) 

Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode