Usaha Pembuatan Gypsum Sukses, Pengiriman Tembus Luar Provinsi ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Usaha Pembuatan Gypsum Sukses, Pengiriman Tembus Luar Provinsi

-

Baca Juga

Sandi Adi (kiri) mengecek hasil cetakan list profil gypsum yang dibuat Ferdi Setiawan (kanan). (Yogi Prasetyo/jurnalMojo)
Sandi Adi (kiri) mengecek hasil cetakan list profil gypsum yang dibuat Ferdi Setiawan (kanan). (Yogi Prasetyo/jurnalMojo)
MOJOKERTO (jurnalMojo.id) — Pembangunan rumah pasti berhubungan dengan yang namanya desain. Rumah yang desainnya bagus bisa membuat orang yang tinggal didalamnya menjadi betah. Desain rumah sendiri terdiri dari desain external dan internal.

Desain internal salah satu contohnya adalah gypsum untuk menghiasi bingkai plavon rumah. Semakin bagus desain gypsumnya, maka plavon rumah akan terlihat lebih menarik dan enak dipandang, apalagi untuk ruang tamu.

Di pungging ada usaha pembuatan gypsum bernama Zidan Dekorasi. Usaha ini berlokasi di Dusun Patung, Desa Pungging, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto.

Sandi Adi sedang membuat cetakan gypsum dari bahan fiber. (Yogi Prasetyo/jurnalMojo)
Sandi Adi sedang membuat cetakan gypsum dari bahan fiber. (Yogi Prasetyo/jurnalMojo)

Pemilik usaha ini adalah Sandi Adi (34) atau biasa yang dipanggil Sandi. Selain membuat gypsum, ia juga menerima pengerjaan plavon PVC, plavon gypsum board, rangka kayu, rangka hollow dan lain-lain.

Saat ini, Sandi mempunyai 12 orang karyawan, masing-masing bekerja dibagian pemasangan 10 orang dan dibagian pencetakan gypsum 2 orang.

"Nama Zidan Dekorasi diambil dari nama anak pertama saya yaitu Zidan, ya biar keren dan gampang diingat saja," ungkap Sandi pada Sabtu (4/02/2023).

Ia mulai buka usaha gypsum di Pungging pada 25 April 2022. Sebelumnya Ia juga pernah membuka usaha pembuatan gypsum di tempat lain yaitu di Desa Wonoayu, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo selama 9 tahun. Setelah habis masa kontrak, akhirnya Sandi memutuskan untuk pindah di Pungging.

Awalnya ia membuat gypsum itu coba-coba karena kebetulan di desa tempatnya tinggal yaitu di Mojoagung, mayoritas warganya adalah pembuat gypsum. Sandi akhirnya memberanikan diri untuk membuka usahanya di tahun 2014 lalu.

Zidan Dekorasi tampak dari depan (Yogi Prasetyo/jurnalMojo)
Zidan Dekorasi tampak dari depan (Yogi Prasetyo/jurnalMojo)

Sandi menjelaskan dalam proses pembuatan gypsum dibutuhkan cetakan yang terbuat dari bahan serat viber, catalys dan mat. Setelah cetakan sudah terbentuk maka proses selanjutnya adalah membuat adonan gypsum dari bahan casting, kalsium, semen putih dan rafing yang di campur dan diberikan air secukupnya.

Setelah adonan tercampur merata maka adonan di tuang ke cetakan dan diratakan dengan alat khusus. Untuk proses pengeringannya sendiri hanya membutuhkan waktu 5 menit saja.

"Ukuran list profil gypsum bervariasi kalau panjangnya sama yaitu 2.20 meter, kalau lebarnya mulai dari 4-30 cm. Untuk tempat lampu ukuran diameter 30-1.5 m. Harga list profil gypsum mulai dari 15-50 ribu dan untuk harga tempat lampu mulai  40-300 ribu tergantung ukuran dan motifnya," pungkas Sandi

Pelanggannya kebanyakan dari proyek-proyek pembangunan dan juga renovasi rumah mulai dari sekitar Mojokerto, Mbulang, Madura bahkan sampai Bali. Untuk omsetnya sendiri bisa mencapai 30 juta perproyek.

"Saya sudah 1 tahun bekerja disini dibagian cetak gypsum, sehari saya bisa membuat 50 pcs profil gypsum, kebanyakan pesanannya profil gypsum yang polos," kata Ferdi Setiawan(28), Salah seorang karyawan Zidan Dekorasi.

Jika berencana memdekorasi interior rumah khususnya dekorasi plavon maka tidak ada salahnya untuk mampir ke Zidan Dekorasi yang berada di Dusun Patung, Desa Pungging, Kecamatan Pungging. (yog/jek)
Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode