Unik, Usaha Terang Bulan Ukuran Mini yang Buka Sehabis Subuh ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Unik, Usaha Terang Bulan Ukuran Mini yang Buka Sehabis Subuh

-

Baca Juga

Sulistyowati dibantu suaminya menyiapkan pesanan terang bulan mini untuk pelanggan (foto: Yogi Prastyo/jurnalMojo)
Sulistyowati dibantu suaminya menyiapkan pesanan terang bulan mini untuk pelanggan (foto: Yogi Prastyo/jurnalMojo)
MOJOKERTO (jurnalMojo.id) — Terang bulan adalah kue yang terbuat dari bahan tepung dengan rasa yang manis. Banyak orang yang suka dengan kue satu ini, karena selain manis juga punya varian rasa yang bermacam-macam. Terang bulan juga memiliki ukuran yang bervariasi mulai dari besar, sedang, hingga mini.

Yang akan kita bahas kali ini adalah terang bulan dengan ukuran mini. Kita bisa menemui penjual terang bulan mini di Jalan Niaga depan pintu masuk Pasar Pon Sawahan, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto. 

Pemilik Usaha ini adalah Sulistyowati (42) atau biasa dipanggil Sulis. Jam buka terang bulan mini ini berbeda dari terang bulan biasanya, yaitu pagi hari setelah subuh hingga pukul 09.00 WIB.

Sulis mulai berjualan terang bulan mini sejak tahun 2015. Awalnya ia hanya coba-coba membuat resep sendiri di rumah. Setelah dirasa sudah pas resepnya, akhirnya ia mulai berani menjual terang bulan ke pelanggannya. Selain berjualan terang bulan mini di pagi hari, ia juga berjualan soto ayam dan soto daging pada sore harinya.

Untuk harga terang bulan mini pun bervariasi, tergantung rasa dan toppingnya. Untuk topping selai blueberry, strawberry, nanas, melon, coklat, dan susu dibandrol dengan harga Rp. 2.500. Rasa coklat-kacang dan keju dibandrol dengan harga Rp. 4.000. 

Rasa coklat-keju dibanderol dengan harga Rp. 5.000. Sedangkan rasa mix dibanderol dengan harga Rp. 6.000. Alasan Sulis menggunakan cetakan berukuran mini (12 cm) agar harga jualnya murah dan bisa menjangkau semua kalangan, sehingga semua orang bisa menikmati terang bulan buatannya.

Rahmad Dharmawan sedang menunggu pesanan terang bulannya (foto: Yogi Prastyo/jurnalMojo)
Rahmad Dharmawan sedang menunggu pesanan terang bulannya (foto: Yogi Prastyo/jurnalMojo)

Setiap hari Sulis bisa menghabiskan 8 kg adonan dan bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp. 250.000. Pelanggan mulai ramai sekitar pukul 05:00 bahkan banyak juga yang mengantri. Kebanyakan pelanggannya adalah orang dari pasar karena lokasi jualannya juga berada di depan pintu masuk pasar.

"Paling banyak pesanan rasa coklat susu. Setiap hari ada pesanan dari kantin sekolah MTsN Mojosari yang memesan hingga 50 porsi, kalau hari Sabtu 25 porsi dan kalau Minggu libur," ungkap Sulis pada Minggu (05/02/2023).

Sulis menjelaskan proses pembuatan adonan terang bulan cukup mudah yaitu dari tepung terigu, santan, dan juga soda kue yang dicampur dengan air sampai adonan mengental. Ketika dituang ke dalam cetakan, adonan diberi gula pasir supaya rasanya manis. Terakhir adonan yang telah matang akan diberi topping sesuai keinginan.

"Lumayan sering beli terang bulan disini ya karena rasanya enak, gurih, porsinya  juga unik kecil-kecil dan harganya juga murah. Biasanya sekali beli 10 porsi, rasa blueberry dan melon," ungkap Rahmad Dharmawan (32), salah seorang pelanggan terang bulan mini. (yog/jek)
Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode