Tahu Susu R3 Bang Jeck, Rasanya Garing Di luar Lembut Di dalam ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Tahu Susu R3 Bang Jeck, Rasanya Garing Di luar Lembut Di dalam

-

Baca Juga

Heti Tri Purwatiningsih Sedang memotong tahu untuk dijadikan olahan tahu susu (Yogi Prasetyo/jurnalMojo)
Heti Tri Purwatiningsih Sedang memotong tahu untuk dijadikan olahan tahu susu (Yogi Prasetyo/jurnalMojo)

MOJOKERTO (jurnalmojo.id) — Tahu adalah salah satu makanan yang sering kita jumpai sehari-hari. Biasanya tahu bisa dijadikan sebagai lauk pauk maupun cemilan. Jenis tahu sendiri juga bermacam-macam seperti tahu biasa, tahu takwa, tahu pong, dan tahu susu.

Namun yang akan kita bahas kali ini adalah tahu susu. Jika dibandingkan dengan jenis tahu lainnya, tahu susu mempunyai tekstur yang lebih lembut dan rasa yang lebih enak karena sudah dicampur dengan berbagai bumbu. Setelah digoreng, tahu susu akan terasa garing di luar namun lembut di dalam. Rasanya sendiri hampir mirip seperti tahu sumedang.

Di Kutotejo ada usaha pembuatan tahu susu yang bernama Tahu Susu R3 Bang Jeck. Namanya memang tergolong unik. Pemiliknya adalah Heti Tri Purwatiningsih (39) atau biasa dipanggil Nunuk.

Ia mengatakan kalau nama R3 itu berasal dari nama depan ketiga anaknya yang berawalan huruf R yaitu Rizal, Rasha, dan Ralinka. Sedangkan nama Bang Jeck adalah nama panggilan suaminya. Usaha ini berlokasi di Dusun Bangilan RT.03, RW.03, Desa Wonodadi Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto.

Nunuk mulai membuka usaha tahu susu ini pada tahun 2020 saat pandemi covid 19. Sebelumnya Ia hanyalah seorang ibu rumah tangga. Resep tahu susu miliknya pun ia dapat dari adik suaminya yang juga berjualan tahu di Jombang. Pada saat itu, tahu susu sedang marak di pasaran, sehingga ia mencoba untuk membuka usaha tahu susu sendiri. Selama 3 minggu Nunuk mencoba-coba resep tahu susu sampai berhasil dan dirasa enak. Setelah itu ia baru berani menjual tahu susu ke pelanggannya.

Tahu Susu R3 Bang Jeck dijual dalam kemasan tupper 1.000 ml dengan harga Rp.15.000 per kotaknya. Biasanya ia memasarkannya lewat mulut ke mulut dan juga promosi di Whatsapp. Kini pelanggan tahu susu buatan Nunuk sudah banyak. Dalam sehari bisa terjual hingga 20 kotak. Apalagi kalau ada pesanan dari kafe-kafe yang sekali memesan bisa sampai 25 kotak.

Heti Tri Purwatiningsih menunjukkan produk tahu susu buatannya dalam kemasan tupper 1.000 ml (Yogi Prasetyo/jurnalMojo)
Heti Tri Purwatiningsih menunjukkan produk tahu susu buatannya dalam kemasan tupper 1.000 ml (Yogi Prasetyo/jurnalMojo)

"Cara membuat tahu susu yaitu: pertama-tama 1 tahu utuh diiris kecil menjadi 9-10 bagian, setelah itu siapkan air mendidih yang diberi bumbu garam, bawang putih, masako, soda kue dan juga penyedap rasa. Setelah itu siram air ke atas tahu dan diamkan selama 2 jam. Terakhir masukkan tahu ke kulkas selama 5 jam," ungkap Nunuk kepada jurnalMojo, Senin (30/01/2023).

"Dalam sehari bisa memasak 1-3 resep tahu tergantung pesanan dari pelanggan. Untuk 1 resepnya bisa menjadi 20-23 box tahu," pungkasnya.

Seharinya Nunuk bisa memperoleh keuntungan mulai dari 100 -120 ribu tergantung banyaknya pesanan. Pesanan tahu susu buatannya akan meningkat ketika sedang memasuki musim penghujan dan juga saat bulan Ramadhan tiba.

"Baru pertama kali cobain tahu susu. Rasa tahunya enak, dalamnya lembut dan diluarnya gurih, apalagi dimakan saat masih hangat dan di cocol pakai saos sambal atau petis," ujar, Siti (55), salah seorang pembeli Tahu Susu R3 Bang Jeck.

Selain mempunyai tekstur dan rasa yang lebih enak dari jenis tahu lainnya, tahu susu juga lebih tahan lama. Tahu susu dapat bertahan sampai 10 hari jika dimasukkan ke dalam kulkas.

Bagi anda yang ingin mencari makanan atau cemilan yang pas dinikmati saat musim penghujan seperti sekarang, maka Tahu Susu R3 Bang Jeck ini patut untuk dicoba. (yog/jek)
Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode