Meski Terlihat Tidak Terawat, Tanaman Kelor di Pulorejo Bisa Tumbuh Dengan Subur ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Meski Terlihat Tidak Terawat, Tanaman Kelor di Pulorejo Bisa Tumbuh Dengan Subur

-

Baca Juga

Kebun kelor di Kelurahan Pulorejo, Kota Mojokerto (FOTO : Roy Antok Wibowo/jurnalMojo)

Kebun kelor di Kelurahan Pulorejo, Kota Mojokerto (FOTO : Roy Antok Wibowo/jurnalMojo)

MOJOKERTO (jurnalMojo.id) – Di Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto terdapat sebuah perkebunan kelor, Kebun kelor seluas 800 meter ini milik Dinas Pertanian (Disperta) Kota Mojokerto. Kebun kelor disini ada sejak beberapa tahun yang lalu, sehingga saat ini terlihat tidak terawat.

Menurut salah satu pengunjung bernama Afrizal Ramadhani (15) asal Mojokerto menganggap kalau kebun kelor memang seperti tidak terawat daunnya yang lebat membuat pengunjung jarang ada yang masuk ke kebun tersebut.

"Dari depan kebun kelor ini sangat terlihat tidak terawat daunnya sangat lebat sekali, banyak ditumbuhi rumput liar, padahal dulu rumput liarnya tidak setinggi ini tapi sekarang sangat tinggi jadi jarang ada yang masuk ke kebun itu padahal kalau dibuat foto hasilnya pasti bagus," kata Afrizal, Selasa (31/1/2023).

Meskipun kebun kelor ini terlihat tidak terawat, tapi tanamannya bisa tumbuh subur terbukti dengan lebatnya daun kelor yang tumbuh pada tanaman tersebut. Pohon kelor ternyata merupakan tanaman tropis dan subtropis yang bisa tumbuh dengan subur di area beriklim hangat. Jadi dapat dipastikan kalau tanaman kelor bisa tumbuh subur dimanapun dan kapanpun termasuk disini.

"Kebun kelor ini termasuk subur meski tidak terlalu dirawat, mungkin disebakan karena tanaman kelor bisa tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi sampai di ketinggian 1.000 mdpl, disini tanaman kelor yang ada di kebun kelor memang harus tumbuh dengan subur karena tanaman kelor digunakan warga setempat sebagai salah satu makanan penunjang untuk percepatan penanganan stunting," pungkasnya.

Seksi Pengelola Pasca Panen KWT Putrr Kencana Sri Andijati, asal Kelurahan Pulorejo, Kota Mojokerto menjelaskan, daun kelor memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap.

"Selain mengandung protein nabati yang tinggi, kelor juga kaya serat dan berbagai vitamin yang baik bagi kesehatan, kelor banyak manfaatanya dan bisa dikonsumsi mulai anak-anak, remaja, sampai dewasa sehingga tanaman kelor harus ada dan wajib tumbuh subur disini," katanya. (raw/jek)

Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode