Mengharumkan, Mahasiswa UNIM Mojokerto Berkesempatan Mendalami Kesenian China Barongsai di Malaysia ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Mengharumkan, Mahasiswa UNIM Mojokerto Berkesempatan Mendalami Kesenian China Barongsai di Malaysia

-

Baca Juga

Team Kesenian China Barongsai (Foto : Hajar Estina/jurnalMojo)
Team Kesenian China Barongsai (Foto : Hajar Estina/jurnalMojo)

MOJOKERTO (jurnalMojo.id) — Mahasiswa Universitas Islam Majapahit (UNIM) Mojokerto kembali mengharumkan nama kampus lewat kesenian barongsai, dan berkesempatan berangkat Ke Malaysia.

Pada, Jum'at (03/02/2023) Dicki Rahmawan, mahasiswa UNIM Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) ini menuturkan, bahwa dirinya telah bergabung kesenian barongsai sejak duduk di bangku SMP hingga saat ini.

"Saya bergabung Kesenian Tiongkok China yakni barongsai sejak saya  masih di Pondok Pesantren Sunan Drajad Lamongan," jelasnya.

Dicki Rahmawan saat di Malaysia (Foto : Hajar Estina/jurnalMojo)
Dicki Rahmawan saat di Malaysia (Foto : Hajar Estina/jurnalMojo)

Menurut pendiri Barongsai Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan, Abdul Fattah nama dari kesenian ini yakni 'Barongsai Singo Darojat', pemberian nama yang diberikan langsung oleh pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat.

Saat ini, pusat dari Persatuan Kesenian China Barongsai di Indonesia ada di Surabaya. Dan Hingga kini ada 4 Negara yang bergabung dalam Kesenian ini yakni Myanmar, Malaysia, Indonesia, Vietnam.

"Di Bulan Febuari ini saya bersama team berkesempatan untuk ikut  mempelajari lebih dalam Kesenian Tradisional Tiongkok Di Malaysia, lewat jalur khuan loke dragon and lion dance Indonesia," ujar Dicki. (hes/jek)
Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode