Dinas Perpustakaan Tingkatkan Minat Membaca Anak Melalui Container Perpustakaan di Pulorejo ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Dinas Perpustakaan Tingkatkan Minat Membaca Anak Melalui Container Perpustakaan di Pulorejo

-

Baca Juga

Para petugas dari dinas yang menjaga container perpustakaan di Pulorejo (FOTO : Roy Antok Wibowo/jurnalMojo)
Para petugas dari dinas yang menjaga container perpustakaan di Pulorejo (FOTO : Roy Antok Wibowo/jurnalMojo) 

MOJOKERTO (jurnalMojo.id) – Container perpustakaan dijadikan sebuah terobosan baru yang kreatif, modern dan unik dalam menciptakan atau membangun sebuah perpustakaan. Sebuah perpustakaan berfungsi untuk membantu para pembaca untuk menggali sebanyak mungkin ilmu pengetahuan melalui minat membaca terutama bagi anak. 

Sedini mungkin anak harus dibimbing dan ditanamkan minat membacanya agar mereka bisa terbiasa untuk membaca, saat ini Dinas Perpustakaan menyebar banyak container perpustakaan di Mojokerto. Salah satunya berada di Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. 

Terdapat petugas yang menjaga dan membersihkan container perpustakaan tersebut ia bernama Anita (28) asal Bangsal Mojokerto, Menjelaskan kalau ini sebenarnya tempat kosong yang kemudian dialihkan oleh Dinas Perpustakaan menjadi sebuah perpustakaan. 

"Sebenarnya ini tempat kosong yang dimanfaatkan kembali oleh Dinas Perpustakaan. Sebelumnya dibuat sama karang taruna untuk kegiatan orang-orang sekitar sini lah terus habis itu dialihkan dijadikan perpustakaan," kata Anita, Rabu (1/2/2023). 

Disini Dinas Perpustakaan juga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk memanfaatkan tempat ini karena disini dekat dengan sekolahan TK,SD, SMP dengan begitu akan mudah sekali untuk meningkatkan minat membaca mereka lewat container perpistakaan ini.

Container perpustakaan ini buka dari hari Senin sampai Jum'at saja, bukanya mulai pukul 07.30 WIB hingga 15.30 WIB. Buku disini pun cukup banyak ada novel, ada resep masakan, buku cerita dll. 

Petugas lain yang menjaga disini ialah Dini (30) asal Mojokerto Kota, juga sangat merasa senang karena container perpustakaan ini sering didatangi pengunjung untuk sarana pembelajaran. 

"Saya senang sekali karena alhamdulillah banyak yang mengunjungi, seperti anak sekolah-sekolah. Cumak disini itu harus baca saja kalau buku tidak boleh dipinjam, jadi kita melayani baca ditempat aja. Selain itu biasanya disini juga dipakai anak-anak untuk pembelajaran, kayak disuruh gurunya untuk cari refrensi buku disini gitu," ujarnya. (raw/jek)

Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode