Dampingi PPL, Babinsa Koramil Gondang Cegah PMK Pada Hewan Ternak ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Dampingi PPL, Babinsa Koramil Gondang Cegah PMK Pada Hewan Ternak

-

Baca Juga

Babinsa Koramil dampingi PPL cegah PMK pada sapi (FOTO : Kodim 0815/Mojokerto)
Babinsa Koramil dampingi PPL cegah PMK pada sapi (FOTO : Kodim 0815/Mojokerto)
MOJOKERTO (jurnalMojo.id) – Untuk mengoptimalkan pencegahan dan penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah Kabupaten Mojokerto, Kodim 0815/Mojokerto lewat jajaran Koramil  bersama Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto melaksanakan penandaan ternak yang sudah divaksin dan pemberian vitamin, Selasa (14/2/2023).

Babinsa Serda Trilaksono turun langsung ke lapangan mendampingi Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) untuk memulai penandaan hewan ternak dengan melakukan pemasangan ear tag pada telinga sapi.

"Eartag adalah metode penandaan sebagai identitas bagi ternak. Metode eartag ini dinilai sebagai metode identifikasi yang paling tidak menyakitkan hewan. Metode ini sangat umum digunakan di kalangan peternak. Jika ternak sudah memiliki identitas maka akan lebih mudah dalam melakukan recording atau pencatatan data ternak tersebut," kata Babinsa Serda.

Tidak hanya itu, fungsi lain dari ear tag yakni sebagai tanda pengenal ternak sapi, memuat data-data sapi berupa nomor ear tag atau QR Code. Isi data dari ear tag berupa identitas ternak seperti jenis ternak, jenis kelamin, rumpun ternak, umur ternak, asal ternak dan ternak tersebut sudah tervaksin atau belum.

"Keuntungannya jika ternak di ear tag, maka akan bisa memudahkan akses masuk pasar hewan dan Rumah Potong Hewan (RPH), karena hewan yang sudah dilakukan ear tag akan mendapatkan sertifikat, selain itu hewan juga akan mendapatkan pelayanan kesehatan dan reproduksi serta memudahkan memonitor untuk lalu lintas ternak," ulasnya.

Dalam hal ini, petugas PPL juga tidak lupa untuk menyampaikan edukasi kepada warga terkait manfaat penandaan hewan ternak serta menghimbau agar warga selalu tetap menjaga kebersihan kandang kepada pemilik ternak. (raw/jek)


Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode