Unik, Nikmatnya Es Kelapa Muda Merah Legendaris di Kota Mojokerto ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Unik, Nikmatnya Es Kelapa Muda Merah Legendaris di Kota Mojokerto

-

Baca Juga

Mauduah saat melayani pembeli es kelapa muda (Degan) dengan ramah (Foto : Fera Meilia Ananda Putri/jurnalMojo)
Mauduah saat melayani pembeli es kelapa muda (Degan) dengan ramah (Foto : Fera Meilia Ananda Putri/jurnalMojo)

MOJOKERTO (jurnalMojo.id) –  Di era sekarang ini banyak sekali jenis minuman es yang digandrungi anak muda. Tak heran, jika warung es menjadi tempat tujuan utama pelepas dahaga.

Salah satunya di Mojokerto ada warung es legendaris yaitu warung es kelapa muda atau yang biasa disebut es degan. Es kelapa muda ini merupakan salah satu es yang cocok diminum saat haus. Seba, es tersebut terasa menyegarkan di tenggorokan.

Apalagi saat suaca panas di siang hari, sangat menguras keringat sehingga mendatangkan berkah tersendiri bagi penjual es kelapa muda. Seperti yang dirasakan salah satunya penjual es kelapa muda merah yang berada di depan gang Pekayon, Kota Mojokerto yaitu Mauduah (70) warga Pekayon Gg.4, No.5 Kota Mojokerto.

Maudah menegaskan bahwa warung es kelapa muda yang dijual ini, sudah berlangsung sejak puluhan tahun.

“Es kelapa muda ini memang sudah lama ada sejak 10 tahun yang lalu, tapi tempat jualannya berpindah-pindah, sebelumnya saya jualan di belakang bentar,” ungkap Mauduah, kepada jurnalMojo, Kamis (12/01/2023).

Es kelapa muda ini memang memiliki keunikan tersendiri dari segi warna, meskipun rasanya dengan es kelapa muda lainnya tetap sama. Es kelapa muda kebanyakan berwarna putih, namun kali ini es kelapa muda milik Mauduah berwarna merah. Dia kembali menegeskan jika es kelapa mudanya bisa berwarna merah dikarenakan diberi sedikit pewarna makanan.

“Es kelapa muda disini sudah dari dulu berwarna merah, warna merahnya sendiri dihasilkan dari pewarna makanan cair berwarna merah dikasih sedikit orange, untuk gulanya pun sama seperti es kelapa muda pada umumnya yaitu pakai gula merah,” ujarnya pada pagi itu.

Sebagai penjual es kelapa muda ini, ada kisah yang haru di dalamnya. Mauduah berjualan sendiri semenjak ditinggal oleh suaminya. Dia memilih berjualan es kelapa muda karena meneruskan usahanya dengan suaminya.

Bagi Mauduah, berjualan es kelapa muda sudah menjadi hal yang biasa dilakukan dari waktu suaminya masih hidup. Namun keberuntungan pasti selalu ada, setiap hari warung es kelapa mudanya ini selalu ramai didatangi pembeli. Tak sedikit pembeli yang sudah langganan di tempat es kelapa muda miliknya.

Seperti yang diungkapkan Bowo (21) pelanggan warga Pekayon. Menurut Bowo, es kelapa muda Mauduah sangat enak dan manisnya terasa.

“Saya sudah sering membeli es kelapa disini,  warnanya memang merah tidak seperti es degan pada umumnya, meskipun kini banyak penjual es kekinian akan tetapi es kelapa muda yang tetap menyegarkan,” pungkas Bowo, saat ditemui jurnalMojo.

Warung es kelapa muda buka dari jam 09.00 WIB dan tutup ketika Mauduah sudah capek. Ditambah usianya yang sudah tak muda lagi, apalagi tidak ada yang membantunya jualan di warung. Untuk harganya sangatlah terjangkau hanya Rp 6.000 dan yang Ia lakukan agar warung es kelapa mudanya ini bisa tetap eksis, yakni dengan jualan setiap hari tidak pernah libur sedangkan untuk liburnya hanya hari Jum`at saja. (fer/jek)
Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode