Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Lingkungan, KKNT 01 Pasang Plang Edukasi Sampah ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Lingkungan, KKNT 01 Pasang Plang Edukasi Sampah

-

Baca Juga

Pemasangan plang edukasi peduli lingkungan (Foto : Deaz Terengganu/jurnalMojo)
Pemasangan plang edukasi peduli lingkungan (Foto : Deaz Terengganu/jurnalMojo)
BANGKALAN (jurnalMojo) — KKN 01 Trunojoyo Madura 2023 yang berlokasi di Desa Pernajuh, Kec. Socah, Kabupaten Bangkalan, lebih tepatnya di daerah wisata mercusuar, memasang plang edukasi sampah dengan kata-kata unik untuk meningkatkan kesadaran pengunjung tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Media edukasi tersebut dipasang secara menyebar di area family camp di tempat-tempat yang nampak saat dilalui oleh pengunjung.

“Plang tersebut berisi penjelasan terkait lamanya waktu sampah untuk dapat terurai di dalam tanah, fakta sampah, jenis-jenis sampah, dan kata-kata unik sebagai ajakan untuk menjaga bumi ini dengan cara tidak membuang sampah sembarangan," jelas Shinta salah satu anggota kelompok 01 KKN Trunojoyo. Rabu (01/04).

"Dengan adanya plang edukasi ini, masyarakat akan lebih menyadari pentingnya pengelolaan sampah yang baik bagi lingkungan," ujar Bu Siti selaku salah penjual di wisata mercusuar.

Sejauh yang kami lihat, di lokasi wisata mercusuar pernajuh, sering didapati banyak sampah yang berserakan dan tidak pada tempatnya. “hal ini bukan disebabkan oleh kurangnya edukasi mengenai sampah, melainkan disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat dan pengunjung mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dari sampah” Ujar Rafi salah satu anggota kelompok 01 KKN Trunojoyo. Rabu (01/04).

Hal ini menjadikan mahasiswa KKN Trunojoyo kelompok 01 berinisiatif untuk memberikan media edukasi demi meningkatkan kesadaran masyarakat dan pengunjung wisata mercusuar tentang bahaya sampah melalui pemasangan plang edukasi sampah.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan edukasi ini, anak-anak dapat tumbuh menjadi generasi yang peduli terhadap lingkungan dan menjadi contoh bagi orang lain," tambah Staff Dinas Lingkungan Hidup.

Edukasi tentang pengelolaan sampah yang baik sangat penting dilakukan agar masyarakat dapat lebih memperhatikan lingkungan dan melakukan aktivitas yang ramah lingkungan. Dengan begitu, masalah lingkungan yang disebabkan oleh sampah dapat diminimalisir dan lingkungan dapat tetap lestari.

Secara keseluruhan, edukasi tentang sangat penting dilakukan agar masyarakat dapat lebih memperhatikan sampah yang dibuang sembarangan. Dengan begitu, masalah lingkungan yang disebabkan oleh sampah lama yang tidak terurai dapat diminimalisir dan lingkungan dapat tetap lestari. (eaz/jek)
Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode