Pengusaha di Mojokerto, Dongkrak Ekonomi Warga Sekitar Lewat Industri Kecil Sandal Phylon ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Pengusaha di Mojokerto, Dongkrak Ekonomi Warga Sekitar Lewat Industri Kecil Sandal Phylon

-

Baca Juga

Warga sekitar yang sedang bekerja diusaha sandal phylon milik Agus Irwanto (Foto : Fera Meilia Ananda Putri/jurnalMojo)
Warga sekitar yang sedang bekerja diusaha sandal phylon milik Agus Irwanto (Foto : Fera Meilia Ananda Putri/jurnalMojo)
MOJOKERTO (jurnalMojo.id) –Industri kecil kini semakin banyak, kehadiran industri kecil bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. Terlebih, tingkat keterampilan dan pendidikan yang dibutuhkan tidak tinggi. Maka siapa saja bisa bergabung asal mau belajar dan tekun.

Pengusaha industri kecil telah meluas diberbagai daerah, khususnya Mojokerto tepatnya di Desa Leminggir, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, kini ada seorang pengusaha yaitu Agus Irwanto (52) warga Desa Leminggir, Mojosari yang membuka industri kecil sandal phylon sejak tahun 1997, dijuluki industri kecil sebab perusahaan industri ini tenaga kerjanya hanya terdiri dari 5-19 orang. Tujuannya pun juga ingin meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

"Iya industri kecil sandal phylon yang saya geluti ini sudah ada selama 26 tahun, disini ada beberapa pekerja sekitar 5 sampai 10 orang, pekerjanya dari warga sekitar sini saja, karena tujuan awal saya juga ingin membantu perekonomian mereka barangkali masih ada yang kesulitan untuk mencari pekerjaan," ujar Agus Irwanto, Selasa (24/01/2023).

Sandal phylon sendiri merupakan sandal karet, Saat ini, jenis sandal phylon banyak digandrungi oleh semua kalangan karena pembawaannya yang ringan. Terbuat dari material karet sintetis yang sudah diproses melalui proses pemanansan dan pelumeran. Untuk pemasarannya, pengusaha sandal phylon tersebut memasarkan produk sandalnya di wilayah Jawa Timur.

"Ini sandalnya mengambil dari pabriknya langsung ada yang sudah dikemas oleh pabrik ada yang belum, kalau belum ya dikemas sendiri oleh pekerja saya, lalu setelah itu dipasarkan kembali hampir ke semua wilayah Jawa Timur. Kemasannya 1 karung jumlahnya 1/2 lusinan, harganya bermacam-macam, sandal kecil dibandrol Rp 10.000, sandal besar dibandrol Rp 20.000 lihat jenis sandalnya juga," terangnya.

Sementara itu, ada beberapa pekerja yang sudah lama bekerja disini yaitu Hanafiah (47) serta Khotimah (45) warga Desa Leminggir, Mojosari mengaku sangat senang dan nyaman bekerja disini.

"Kami bekerja disini sudah 2 tahun, selama bekerja disini kami pun juga merasa senang dan nyaman. Selain kerjanya dekat dari rumah, kerja disini juga nyantai tidak terlalu ngoyo apalagi kami juga ditempatkan pada bagian packing sandal, jadi tiap hari kerjaan kami ya memilah lalu mengemas sandal, Kami juga sangat beruntung bisa bekerja disini sebab kami yang tadinya tidak punya penghasilan sendiri dengan berbekal ijazah SD, akhirnya menjadi memiliki penghasilan sendiri untuk memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari," kata dia. (fer/jek)
Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode