Museum Gubug Wayang Mojokerto, Tempat Rekreasi dan Edukasi Budaya Lokal Nusantara ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Museum Gubug Wayang Mojokerto, Tempat Rekreasi dan Edukasi Budaya Lokal Nusantara

-

Baca Juga

Museum Gubuk Wayang Mojokerto tampak dari depan  (FOTO : Sinta Nur Azizah/jurnalMojo.id)
Museum Gubuk Wayang Mojokerto tampak dari depan  (FOTO : Sinta Nur Azizah/jurnalMojo.id)

MOJOKERTO (jurnalMojo.id) — Wayang merupakan kebudayaan lokal yang dulu cukup eksis sebagai tontonan masyarakat. Namun, saat ini keberadaan wayang mulai berkurang peminatnya seiring perkembangan zaman.

Di Mojokerto, wisata sejarah masa lalu selain candi dan patung, juga terdapat Museum Gubug Wayang, yang beralamatkan di Jl. Kartini 23, Kecamatan  Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. Tujuan dari berdirinya museum ini tak lain adalah sebagai media edukasi kepada generasi muda, terhadap budaya dan sejarah nusantara.

Museum ini berdiri sejak Agustus 2015 dan masih beroperasi hingga sekarang. Museum ini memiliki ribuan koleksi wayang dari berbagai macam jenis dan daerah. Selain wayang, gamelan, boneka unyil hingga keris juga disajikan disana.

"Museum ini diresmikan oleh Pak Raden. Sebelum meninggal, beliau memiliki mandat bahwa seluruh boneka unyil akan ditaruh sini semua," kata Budi Soesanto (56), salah satu Tour Guide Mojokerto, saat ditemui jurnalMojo di Mesum Gubuk Wayang, Rabu (11/01/2023).

Koleksi beberapa wayang serta gamelan yang ada di museum (FOTO: Sinta Nur Azizah/jurnalMojo.id)
Koleksi beberapa wayang serta gamelan yang ada di museum (FOTO: Sinta Nur Azizah/jurnalMojo.id)

Koleksi - koleksi tersebut mereka kumpulkan sekitar 2 tahun sebelum pembukaan museum. Bangunan ini sendiri merupakan bangunan tua Belanda yang kemudian direnovasi dijadikan museum.

Dalam segi penataan koleksi sudah sangat pas, cocok bagi pengunjung bila ingin berswafoto. Museum ini, merupakan museum wayang terlengkap yang ada di Mojokerto.

Pengunjung, tak hanya dari kalangan pecinta wayang saja, tapi mulai dari anak sekolah hingga masyarakat umum dari berbagai profesipun datang kesini.

Berbeda dengan museum pada umumnya,  tempat ini difasilitasi dengan tour guide handal, yang akan memandu dan menjelaskan setiap koleksi yang ada. Bahkan pengunjung nantinya akan diberi sandal khusus untuk masuk ke dalam, guna untuk menjaga tempat agar tetap bersih.

Museum Gubug Wayang ini dapat dijadikan referensi untuk wisata edukasi seni dan budaya di Mojokerto. Dengan hanya bermodalkan 25-30 ribu rupiah, pengunjung dapat memperoleh ilmu dan fasilitas yang ada.(sin/jek)
Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode