Menikmati Hangatnya Minuman Kolak Duren di Pegunungan Pacet Yang Dingin ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Menikmati Hangatnya Minuman Kolak Duren di Pegunungan Pacet Yang Dingin

-

Baca Juga

Suasana diluar warung kolak duren Pacet yang lagi mendung (Foto : Yogi Prasetyo/jurnalMojo)
Suasana diluar warung kolak duren Pacet yang lagi mendung (Foto : Yogi Prasetyo/jurnalMojo)
MOJOKERTO (jurnalmojo) — Ketika berada di daerah pegunungan yang hawanya dingin memang cocok minum minuman yang bisa menghangatkan tubuh. Apalagi, minuman itu minuman yang sehat dan tidak mengandung bahan pengawet tentu membuat kita menjadi lebih sehat.

Minuman tersebut adalah kolak duren. Kolak merupakan minuman tradisional yang sudah ada sejak dulu. Minuman ini memang cocok diminum saat cuaca dingin dan atau saat hujan. Selain kolak duren disajikan saat hangat, juga memiliki rasa yang khas dari buah durian. Dengan tambahan ketan dan juga kacang hijau akan semakin nikmat.

Di Pacet ada penjual kolak duren yang sudah buka mulai 2018 berlokasi di Jalan raya Pacet tepatnya di seberang kantor PLN Pacet. Kolak duren ini buka setiap hari, untuk hari biasa mulai pukul 09:00-15.30 untuk Sabtu-Minggu dan tanggal merah mulai pukul 09:00-18.30.

Matnai (56) penjual kolak duren warga Dusun Petak, Desa Kembang Sore, Kecamatan Pacet. Dulu sebelum berjualan kolak duren dia berjualan nasi rawon dan pecel. Yang berjualan kolak dulu adalah suaminya tetapi sekarang dialah yang berjualan, kerena penjual kolak duren disana masih jarang.

Matnai sedang menyuguhkan kolak duren siap saji kepada pelanggan (Foto : Yogi Prasetyo/jurnalMojo)
Matnai sedang menyuguhkan kolak duren siap saji kepada pelanggan (Foto : Yogi Prasetyo/jurnalMojo)
"Tahun 2018 saya masih berjualan pakek gerobak, tidak lama setelah itu saya berjualan pakek mobil. dan tahun 2020 saya baru membuka lapak disini sampai sekarang," ujar Matnai.

Matnai menambahkan rata-rata pembelinya adalah para anak muda dan orang tua, yang kebetulan ketika liburan ke Pacet. Kadang pembelinya juga rombongan sekeluarga.

"Biasanya kalau ramai hari Sabtu dan Minggu dulu bisa dapat 1 juta, tapi sekarang sekitar 600-700 ribu. Kalau hari biasa dapat 200 ribu perhari," pungkasnya.

Harga seporsi kolak duren lengkap dengan ketan dan juga kacang hijau Rp. 10.000. Harga tersebut cukup terjangkau apalagi kolak duren tersebut porsinya banyak. mengingat Pacet adalah tempat wisata jadi harga segitu terbilang wajar.

Salah satu pelanggan kolak duren yang ditemui Jurnalmojo mengaku sering sekali menikmati kolak duren disini saat perjalan pulang ke rumahnya di daerah Batu Kabupaten Malang.

"Dari dulu saya sering beli kolak duren disini hampir 2 kali dalam seminggu. Sering bungkus juga untuk keluarga dirumah karena memang rasanya enak," ujar Budi (41).

Jika kebetulan lewat di jalan raya Pacet  dan ingin cari minuman yang bisa menghangatkan tubuh dengan harga yang terjangkau maka kolak duren ini rekomended untuk dicoba. (yog/jek)
Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode