Menengok Budidaya Kakao di Mojokerto Sebagai Produk Olahan Cokelat Majapahit ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Menengok Budidaya Kakao di Mojokerto Sebagai Produk Olahan Cokelat Majapahit

-

Baca Juga

Banyaknya pohon kakao di area Wisata Desa Dlanggu Mojokerto (Foto : Fera Meilia Ananda Putri/jurnalMojo)
Banyaknya pohon kakao di area Wisata Desa Dlanggu Mojokerto (Foto : Fera Meilia Ananda Putri/jurnalMojo)
MOJOKERTO (jurnalMojo.id) – Kakao merupakan bahan baku utama membuat berbagai macam olahan cokelat. Pohon kakao berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Dalam budidaya kakao tidak perlu menunggu waktu lama untuk memanen buah cokelat dari pohonnya karena kakao bisa dipanen setiap hari.

Seperti halnya budidaya kakao yang dilakukan oleh pemilik Wisata Industri Cokelat Majapahit yaitu Mulyono (52) warga Mojokerto menjelaskan, bahwa dengan adanya membudidayakan kakao, membuat ia berhasil memperluas gerakan menanam kakao yang dirintisnya di Desa Randugenengan, Dlanggu, Kabupaten Mojokerto.

Budidaya tanaman kakao disini sudah lama di lakukan oleh Kelompok Tani Mulyo Jati dengan tujuan yang baik, Kelompok Tani Mulyo Jati ini membudidayakan kakao sejak tahun 2011, di tahun inilah Kelompok Tani Mulyo Jati mulai melakukan penanaman pohon kakao, dan di tahun itu juga muncul ribuan petani kakao baru.

“Iya kami ingin memberikan pembelajaran kepada masyarakat untuk peduli lingkungan sekaligus meningkatkan perekonomiannya melalui budidaya kakao, sudah banyak sekali petani yang tergabung, jumlahnya sekitar 1.337 petani kakao dalam 20 kelompok tani. Untuk luas lahan garapannya kini mencapai 450 hektar dan setiap bulannya mampu menghasilkan sekitar 30 ton biji cokelat,” ucap Mulyono, Selasa (17/01/2023)

Industri agromaritim pengolahan kakao menjadi produk olahan cokelat majapahit, mulai berdiri di tahun 2018 hingga sekarang. Saat itu, hasil panennya disetorkan ke pengepul namun ketua kelompok tani merasa dipermainkan oleh pengepul sehingga membuat mereka  mendirikian industri produksi olahan sendiri yang kini dinamakan cokelat majapahit dari hasil budidaya kakaonya.

“Saat itu ketua kelompok tani ini hasil panennya disetorkan ke pengepul namun lama kelamaan kelompok tani berfikir jika dipermainkan oleh tengkulaknya, karena dari harganya naik turun kan, kalau gini terus bagaimana kita bisa berkembang, dari sini kelompok tani mulai ada gebrakan untuk produksi cokelat sendiri dan itu dimulai pada bulan Juli 2018 nah akhirnya kita berdiri deh coklat majapahit,” ungkap Lika (23) warga Mojokerto, selaku Customer Service industri pengolahan kakao.

Produk cokelat yang di produksi industri pengolahan kakao disini dinamakan cokelat majapahit. Asal muasal mengapa dinamakan coklat majapahit karena nama coklat majapahit dipilih sebab sejarah kerajaan majapahit yang dapat mempersatukan nusantara.

“Kita kan lahir di bumi majapahit, dan pemersatu nusantara itu kan dari kata majapahit nah harapannya dari sini kita bisa mempersatukan nusantara dengan adanya coklat majapahit ini gitu, makanya dinamakan coklat majapahit,” ujarnya.

Beberapa produk olahan Cokelat Majapahit (Foto : Fera Meilia Ananda Putri/jurnalMojo)
Beberapa produk olahan Cokelat Majapahit (Foto : Fera Meilia Ananda Putri/jurnalMojo)

Produk olahan cokelat majapahit ini tidaklah lain juga memiliki banyak manfaat, adapun manfaatnya yaitu untuk mengurangi resiko serangan jantung, mencegah diabetes, membantu menurunkan berat badan, mengurangi resiko stroke, dan bisa menghaluskan kulit.

Keunggulan cokelat majapahit ini pun juga banyak salah satunya menggunakan gula tebu asli tidak menggunakan gula rafinasi dan cokelatnya pun cokelat berkualitas tidak menggunakan minyak nabati, pengawet, bahan kimia, perasa, pewarna buatan, serta bubuk cokelat langsung dari pasta kakao murni.

Tujuan cokelat majapahit sendiri ialah ingin mengenalkan produk olahan kakao yang sehat tanpa tambahan bahan kimia dan pengawet. bahan utama yang digunakan 100% kakao massa dan minyak kakao.

Dari banyaknya macam produk olahan coklat yang diproduksi oleh industri pengolahan kakao membuat Kelompok Tani Mulyo Jati telah menunjukkan eksistensinya sebagai penguatan produk cokelat lokal terbesar baik di mojokerto sendiri maupun di indonesia.

Cokelat majapahit merupakan produk olahan program hulu hilir Kelompok Tani Mulyo Jati yang harus terus dikembangkan. begitu juga dengan harapan mereka kedepannya untuk cokelat majapahit ini agar bisa lebih berkembang lagi, lebih bagus lagi, lebih baik lagi dan bisa mengenalkan cokelat majapahit ini keseluruh dunia bahwa cokelat majapahit ini juga sebuah produk cokelat yang bagus dan berkualitas. (fer/jek)
Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode