Melati Surya, Bisnis Usaha Bordir di Mojokerto yang Sukses di Banjiri Pelanggan ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Melati Surya, Bisnis Usaha Bordir di Mojokerto yang Sukses di Banjiri Pelanggan

-

Baca Juga

Proses jahit mesin bordir Melati Surya (Foto : Rafika Mega/jurnalMojo)
Proses jahit mesin bordir Melati Surya (Foto : Rafika Mega/jurnalMojo)
MOJOKERTO (jurnalMojo.id) — Kerajinan bordir merupakan suatu pekerjaan menjahit kain atau mengubah penampilan permukaan kain yang dikerjakan dengan mesin dimana produknya memiliki nilai seni yang lebih indah kelihatannya. Keterampilan membordir ini ada secara turun temurun dari orang tua terdahulu. Dan sampai saat ini, kegiatan membordir masih banyak diminati oleh banyak orang.

Saat ini, pengusaha kerajinan bordir di Indonesia sudah banyak tersebar luas. Salah satunya ialah usaha bordir “Melati Surya” milik Bapak Sofwan yang berada di Dusun Mengelo Selatan, Desa Sooko, Mojokerto. Bordir Melati Surya sudah ada sejak 2003.

Dan adanya bordir Melati Surya ini karena dulunya bapak Sofwan ialah seorang tukang jahit dan sekarang beliau menjabat menjadi seorang guru, yang akhirnya membuat inisiatif untuk mendirikan usaha kerajinan bordir yang mayoritas pelanggannya adalah dari sekolah-sekolah.

Sampai saat ini, usaha bordir Melati Surya sudah memiliki 7 orang karyawan yang dibagi di dua tempat. 2 orang di pusat dan 5 orang dicabang Melati Surya yang tempatnya berada di Desa Gebangsari (belakang balai desa), Jatirejo, Mojokerto.

Yang membuat bordir Melati Surya ini unggul ialah karena hasil bordirnya yang memuaskan sehingga bordir  ini sudah dipercaya oleh banyak orang, sebagian dari Mojokerto sendiri dan sebagian dari luar Mojokerto.

Pelanggan dengan jumlah pesanan terbesar bordir Melati Surya bahkan ada di Balikpapan dan NTB (Nusa Tenggara Timur). Di tahun 2022, pesanan bordir dari Balikpapan mencapai 10.000 sampai 15.000 pesanan mulai dari topi sampai dengan dasi.

Kemudian ada juga pesanan dari Papua dan Maluku dengan sales yang datang ketempat dan menawarkan kerjasama dengan bordir Melati Surya. Dan selain dipercaya banyak orang, bordir Melati Surya ini juga mempercayakan pelanggannya dengan menerapkan sistem pesanan bisa tanpa DP/bayar uang muka.

Potret bapak Sofwan, pemilik bisnis bordir Melati Surya (Foto : Rafika Mega/jurnalMojo)

Potret bapak Sofwan, pemilik bisnis bordir Melati Surya (Foto : Rafika Mega/jurnalMojo)
“Kalau pesan ke saya disini bisa tanpa DP. Selama ini prinsip saya dengan pelanggan ialah saling percaya. Pelanggan saya orang NTB, sampai saat ini tempat jelasnya dimana saya belum tau. Tapi beliau sudah menjadi pelanggan saya selama 15 tahun. Kemarin totalan 80-90 juta, saya dikirim lebih dengan total 95 juta, karena keunggulan Melati Surya ini dan dengan sistem bayar dibelakang. Termasuk sama dengan yang di Balikpapan, disini juga menerapkan sistem tanpa uang muka bahkan dengan jumlah yang lebih besar. Semua sekolah di Mojokerto, ada juga yang di luar Mojokerto seperti di Lamongan dan Pasuruan, itu juga pesan di saya tanpa uang muka. Jadi saya selama ini dengan pelanggan manapun, asalkan pemesanannya jelas bisa tanpa uang muka,” ungkap bapak Sofwan, pemilik bordir Melati Surya kepada Jurnalmojo, Rabu (25/01/23).

Bordir Melati Surya melayani banyak jenis pesanan. Mulai dari topi, atribut, seragam dan semua bordir bisa dilayani disini. Dan tentunya dengan kualitas hasil yang tidak diragukan lagi.

“Saya sejak Juni tahun lalu sudah bekerja disini sebagai bordir komputer dan desain logo. Yang banyak dikerjakan disini biasanya bordir dasi,topi, dan samping atau bet. Sampai saat ini yang saya rasa selama bekerja terkadang capek karena kalau ditotal dari banyaknya pesanan, pernah sampai kisaran 25.000 pesanan bordir yang dilayani di Melati Surya ini. Tapi semua tidak terasa karna pekerjaan saya sesuai dengan passion saya,” ujar Rian (20), salah satu karyawan bordir Melati Surya. (raf/jek)
Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode