Harga Cabe di Mojosari Naik Turun, 1 Kilogram Rp 75 Ribu ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Harga Cabe di Mojosari Naik Turun, 1 Kilogram Rp 75 Ribu

-

Baca Juga

Nuryanto, salah satu pedagang cabe di pasar Legi Mojosari (FOTO : Yogi Prasetyo/jurnalMojo)
Nuryanto, salah satu pedagang cabe di pasar Legi Mojosari (FOTO : Yogi Prasetyo/jurnalMojo)

MOJOKERTO (jurnalMojo.id) — Harga cabe di pasar tradisional khususnya di Kabupaten Mojokerto mulai naik. Seperti yang terjadi di pasar Legi Mojosari, selama pekan ini 1 kilogram harga cabe mencapai Rp 70 ribu, bahkan ada yang menjual Rp 75 ribu perkilonya.

Nuryanto (48), salah satu penjual cabe di pasar Legi Mojosari mengatakan, kenaikan itu terjadi seminggu yang lalu, dikisaran Rp 70 hingga Rp 75 ribu. Menurut Nuryanto, untuk harga cabe rawit pekan kemarin naik, namun sekarang ini berangsur mulai turun. Dia menyebutkan, cabe rawit turun menjadi Rp 48 ribu perkilo tergantung kualitasnya.

"Jenisnya cabe itu bermacam-macam, bisa dilihat dari ukuran dan juga kualitasnya, cabe yang ukurannya besar justru harganya lebih murah 45 ribu perkilo. Untuk cabe yang ukuran kecil dan kualitasnya bagus harganya lebih mahal yakni Rp 48 ribu perkilo," ungkapya saat ditemui jurnalMojo di lapaknya, Jumat (13/01/2023).

Untuk pekan ini, lanjut Nuryanto, harganya mulai turun, yakni harga cabe besar Rp 35 ribu perkilo. "Padahal biasanya harga Rp 13 ribu hingga Rp 20 ribu perkilonya," pungkas Nuryanto.

Senada diungkapkan, Alimah (53) salah satu pedagang Cabe. Dirinya menjual harga cabe kecil Rp 75 ribu pada pekan lalu. Sedangkan cabe besar sekarang mulai turun Rp 40 ribu perkilo. Menurutnya, kenaikan itu terjadi selama seminggu yang lalu.

"Kebanyakan para penjual cabe di pasar Legi ini,  mengambil cabe dari para petani di daerah Porong, Pacet, Batu bahkan Pare Kediri," jelasnya.

Dikatakan, untuk cabe rawit biasanya yang paling laris adalah cabe rawit yang ukurannya kecil. Selain rasanya sama-sama pedas, tentu yang didapat semakin banyak perkilonya. "Jika cabe kecil naik, maka cabe kering akan laris," tuturnya.

Kenaikan harga cabe, baik cabe rawit atau cabe besar terbilang cukup tinggi dari harga normal. Selain stock panen cabe yang berkurang dari petani, kenaikan harga cabe itu terjadi dikarenakan kenaikan harga bbm. Tak hanya cabe, harga beberapa sayuran juga ikut naik seperti kubis dan timun. (yog/jek)

Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode