LPPM UTM Gelar Pengabdian Masyarakat, Kembangkan Potensi Desa Bicabbi Sumenep ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

LPPM UTM Gelar Pengabdian Masyarakat, Kembangkan Potensi Desa Bicabbi Sumenep

-

Baca Juga

Potensi Desa Bicabbi Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep (Foto : Istimewa)
Potensi Desa Bicabbi Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep (Foto : Istimewa)
SUMENEP (jurnalMojo.id) — Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Trunojoyo Madura (UTM( menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat di Desa Bicabbi, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Sabtu (17/12/2022).

Pemilihan Desa Bicabbi sebagai target pengabdian masyarat dikarenakan di desa yang terletak di tenggara Kabupaten Sumenep ini memiliki potensi wisata pantai karena lokasinya yang berada di garis pantai sumenep madura.

Namun, potensi wisata yang dimiliki ini justru kurang mendapat atensi dari berbagai pihak, sehingga menyebabkan adanya potensi kerusakan pantai akibat abrasi, sampah kiriman laut, pencemaran laut akibat tambak udang, dan rendahnya kesadaran sanitasi yang layak dari warga yang menyebabkan pencemaran di lingkungan pantai.

Merespon kondisi tersebut, melalui program pengabdian kepada masyarakat di Bicabbi yang diketuai oleh Riesta Yogahastama selaku akademisi Fakultas Hukum melakukan upaya revitalisasi Pantai Bicabbi.


Beberapa hal yang dilakukan dengan upaya penghidupan potensi wisata melalui program paket wisata,  pemasaran profil desa kepada pemerintah sehingga bicabbi mendapatkan atensi dari pemerintah sebagai solusi ancaman kerusakan pantai  yang terjadi. .

"Selain itu, kami bersama dengan tim melakukan pelatihan informal kepada masyarakat desa yang berpotensi menjadi pelaku wisata," ungkapnya.

Karena selain wisata pantai, bicabbi juga memiliki masyarakat yang dapat memproduksi gula aren. Peserta pelatihan tersebut di antaranya adalah pengurus desa bicabbi dan juga pemuda desa bicabbi dan desa sekitar bicabbi. (eaz/jek)
Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode