Peringati Hari Kesehatan Nasional, Dinkes Sampang Gelar Launching BLUD Puskesmas ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Peringati Hari Kesehatan Nasional, Dinkes Sampang Gelar Launching BLUD Puskesmas

-

Baca Juga

Dinkes KB saat Launching Blud Puskesmas dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 di Gedung Olah Raga (Gor) Jalan Manggis Sampang (Wiwit/jurnalMojo)
Dinkes KB saat Launching Blud Puskesmas dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 di Gedung Olah Raga (Gor) Jalan Manggis Sampang (Wiwit/jurnalMojo)
SAMPANG (jurnalMojo) — Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Sampang melalui Dinas Kesehatan Keluarga Berencana (Dinkes KB) menggelar kegiatan Launching Blud Puskesmas dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 di Gedung Olah Raga ( Gor) Jalan Manggis Sampang, Rabu (30/11/2022).

Pelaksanaan kegiatan dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sampang, Kadinkes, Direktur Rumah Sakit Moh. Zyn, Direktur RSD Ketapang, Kepala Puskesmas se Kabupaten Sampang, Direktur institusi pelayanan kesehatan swasta, pimpinan instituai Perbankan, Direktur institusi pendidikan tinggi kesehatan, pimpinan organisasi profesi bidang kesehatan, penyuluh lapangan KB.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah  Sampang, Yuliadi Setiawan menyampaikan, hari ini merupakan momen yang sangat luar biasa , disamping peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 58 bagi insan kesehatan, juga bersamaan dengan launching Badan Layanan Umum Daerah ( BLUD) Puskesmas se Kabupaten Sampang.

"Kami mengucapkan selamat Hari Kesehatan Nasional ke 58 kepada segenap insan kesehatan dan semoga momen peringatan ini makin memotivasi tenga kesehatan untuk tetap konsisten dengan komitmen dan pengabdiannya, memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Sampang," ungkapnya.

Ia menambahkan, bersamaan dengan peringatan HKN ke 58 ada yang spesial , yaitu launching diresmikannya status BLUD bagi seluruh Puskesmas se Kabupaten Sampang. Dengan resminya status  BLUD, menandakan Puskesmas di Sampang telah resmi menjadi unit kerja yang mempunyai fleksibilitas, dalam pengelolaan keuangan sebagai pengecualian dari ketentuan pengelolaan keuangan daerah pada umumnya.

"Kami berharap dengan fleksibilitas ini , Puskesmas bisa menerapkan praktek bisnis selama itu koridor yang sehat, transparan dan akuntabel dalam rangka meningkatkan layanannya kepada masyarakat. Artinya, dalam finansial Puskesmas memiliki Kapabilitas untuk mampu mengelola Sumber Daya Manusia ( SDM) sesuai kebutuhan," harapnya.

Lanjut Wawan (sapaan karib) , dengan status BLUD ini pihaknya berharap pelayanan yang diberikan Puskesmas akan semakin optimal, berkualitas dan terjangkau. Muaranya tentu terciptanya msyarakat Sampang yang sehat.

"Kami berharap bisa bangkit, kembali sehat dan beraktivitas pasca pandemi Covid 19, walaupun Corona belum sepenuhnya hilang, kita harus semangat dan optimis untuk menyikapi kehidupan ini," paparnya.

Menurutnya, optimisme harus dibarengi kesadaran untuk menjaga kesehatan dan membudayakan prilaku hidup sehat dan PHBS dimotori oleh tenaga kesehatan.

"Kami meminta kepada insan kesehatan di Sampang harus bersatu padu agar pelayanan kesehatan semakin baik, terutama diindikasi oleh meningkatnya indek pembangunan kesehatan masyarakat Sampang. Kami berpesan kepada kepala Puskesmas untuk tetap menjaga kualitas layanan, jadikan status BLUD sebagai motivasi melayani masyarakat dengan prima," pungkasnya.(wit/jek)
Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode