Memasuki Musim Penghujan, BPBD Sampang Ingatkan Warga Antisipasi Bencana Alam ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

Memasuki Musim Penghujan, BPBD Sampang Ingatkan Warga Antisipasi Bencana Alam

-

Baca Juga

Bencana puting beliung yang melanda salah satu warga (Wiwit/Jurnalmojo)
Bencana puting beliung yang melanda salah satu warga (Wiwit/Jurnalmojo)
SAMPANG (jurnalMojo) — Memasuki musim penghujan saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Sampang mengingatkan warga Kabupaten Sampang untuk waspada mengantisipasi adanya bencana alam.

Seperti kejadian bulan lalu, beberapa wilayah di Kecamatan Jerngik terjadi banjir hingga menggenangi pemukiman warga, serta seminggu yang lalu terjadi bencana angin puting beliung yang memporak porandakan rumah warga Kecamatan Ketapang dan Banyuates.

Terlebih lagi, warga harus lebih waspada terhadap bencana tanah longsor, mengingat masuk ke tiga jenis bencana yang potensi terjadi di Kota Bahari berdasarkan pemetaan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Surabaya.

Kepala Pelaksana BPBD Sampang Asroni melalui Kasi Kedaruratan dan Logistik Mohammad Imam mengatakan bahwa semua kecamatan berpotensi longsor tapi yang masuk katagori tinggi ada 4 kecamatan.

Pemetaan ditentukan berdasarkan pengalaman penanganan pada tahun sebelumnya, dimana kecamatan sering dilanda bencana tanah longsor.

"Untuk kecamatan masuk katagori tinggi yakni, Kecamatan Karang Penang, Tambelangan, Kedungdung, dan Robatal," ujarnya.

Imam menambahkan, pihaknya selalu mengantisipasi warga diempat wilayah kecamatan itu melalui sosialisasi, termasuk di lingkungan sekolah.

Tujuannya agar masyarakat setempat selalu waspada alias sadar bencana sekaligus dapat melakukan penanganan gawat darurat sebelum petugas kebencanaan tiba di lokasi.

"Meski kami sigap dalam urusan bencana tapi kami tetap perlu membutuhkan informasi dari warga," tukasnya. (wit/jek)
Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode