MWC NU Mojosari Gelar Manifesto Terbuka Jelang Hari Santri Nasional 2022 ~ Jurnalmojo | Berita terbaru hari ini
RUNNING NEWS :
Loading...

MWC NU Mojosari Gelar Manifesto Terbuka Jelang Hari Santri Nasional 2022

-

Baca Juga

Santri di Mojokerto pada saat nyatakan manifesto terbuka menjelang HSN 2022 di Gedung MWC NU Mojosari.(Hasan Assegafh/Jurnalmojo)
Santri di Mojokerto pada saat nyatakan manifesto terbuka menjelang HSN 2022 di Gedung MWC NU Mojosari.(Hasan Assegafh/Jurnalmojo)
MOJOKERTO (jurnalMojo.com) — Menjelang peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2022, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Mojosari menggelar Manifesto, di Gedung MWC NU Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Minggu (16/10/2022) pagi.

Manifesto Santri ini diumumkan oleh Badan Semi Otonom (Banom) yang ada di tubuh NU. Diantaranya, Muslimat NU, GP. Ansor, Fatayat NU, IPNU, IPPNU, ISHARI, PAGAR NUSA, dan JQH.

Manifesto ini disampaikan untuk menegaskan, semangat santri dalam membangun peradaban negeri dengan memedomani Islam ahlussunah wal jamaah, akhlakul karimah, dan menjunjung ukhwah basyariah dan islamiah.

Samsul Ma'arif, salah satu Penggagas Manifesto Santri mengatakan, bahwa latar belakang di balik manifesto santri ini dideklarasikan adalah semangat pembuktian bahwa Santri Indonesia terbuka untuk kemajuan.

"Ini adalah sebuah pembuktian bahwa santri itu tidak seperti yang terlihat sarungan, buluk, konservatif, tapi yang melek teknologi, paham analisa, bisa berpolitik, yang tidak sektoral, dan yang tidak sektoral," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua MWC NU Mojosari, Zainal Arifin menambahkan bahwa momentum peringatan HSN di Mojosari, Kabupaten Mojokerto akan berbeda.

"Pelantikan MWC NU kami nanti akan melibatkan komunitas lintas agama. Salah satunya itu melibatkan paduan suara dari gereja," jelasnya.

Pihaknya juga akan mengundang Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam pelantikan MWC NU Mojosari mendatang. Termasuk menampilkan barongsai apabila hal ini dimungkinkan.

"Kami juga telah berkomunikasi dengan FKUB terkait agenda kami. Kalau dimungkinkan kita akan meminta teman-teman untuk menampilkan barongsai," pungkasnya.(has/jek)
Mungkin Juga Menarik × +

 
Atas
Night Mode